Mother&Baby Indonesia
7 Alasan Anak Perlu Punya Hewan Peliharaan

7 Alasan Anak Perlu Punya Hewan Peliharaan

Entah kucing, anjing, hamster, atau sekadar ikan hias kecil di akuarium, memiliki hewan peliharaan ternyata memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil lho, Moms. Hewan peliharaan tak hanya menyenangkan untuk diajak bermain oleh anak Anda, tetapi juga anak juga bisa mencurahkan rasa sayang dan pedulinya pada makhluk lain.

Apa lagi ya, manfaat memelihara hewan peliharaan bagi anak? Simak daftarnya di bawah ini, Moms.




1. Membantu Anak Belajar Ilmu Pengetahuan

Menurut dr. Gail F. Melson, seorang psikolog perkembangan anak, anak yang memiliki hewan peliharaan di rumah lebih mengerti ilmu biologi dibandingkan anak-anak lain seusianya yang tidak punya hewan peliharaan.


2. Mengurangi Rasa Gelisah

Anak yang punya hewan peliharaan biasanya lebih tenang dan tidak gelisah, karena ia selalu punya hewan peliharaan yang menenangkan perasaannya ketika ia tiba di rumah. “Anak yang menggunakan hewan peliharaan untuk pendukung emosional biasanya lebih tidak gelisah,” tulis laporan dari jurnal Scientific American.


3. Anak Belajar Empati & Kebaikan

Dengan memiliki hewan peliharaan, anak bisa mempelajari empati. Karena jika anak ingin hewan peliharaannya jinak dengannya, maka anak harus memelihara hewan tersebut dengan sangat baik juga. Dari hal kecil itu, sikap empati dan baik hati anak akan terus bertumbuh.


4. Anak Belajar Tanggung Jawab

Bertanggung jawab pada hewan peliharaan tidak hanya sekadar mengajaknya bermain di sore hari, tetapi juga memberinya makan, memandikan, membuang kotoran, dan membersihkan kandangnya. Ini bukan hal yang mudah lho, bagi anak. Namun jika anak ingin tetap memelihara hewan, itulah syarat yang harus ia penuhi. Dari situ, perlahan tapi pasti, rasa tanggung jawab anak akan berkembang.




5. Menjaga Anak Tetap Aktif

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing perlu sering diajak bermain, maka memberikan hewan jenis itu pada anak tentu tepat untuk menjaga Si Kecil tetap aktif.


6. Anak Jauh dari Gadget

Daripada membiarkan anak kecanduan gadget, lebih baik berikan ia hewan peliharaan yang seru dan bisa ia ajak bermain seharian. Anak akan lebih memilih bermain di taman bersama hewan peliharaannya, dibanding berdiam diri di kamar bermain PlayStation.


7. Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Berdasarkan laporan Health, rasa sayang dan kagum yang ditunjukkan hewan peliharaan kepada anak Anda bisa meningkatkan rasa percaya dirinya. Siapa sih yang tidak ingin disambut dengan penuh cinta saat tiba di rumah? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   hewan,   hewan peliharaan