Mother&Baby Indonesia
Tips Mengajak Si Kecil Makan di Restoran

Tips Mengajak Si Kecil Makan di Restoran

Bosan makan di rumah? Mengajak seluruh anggota keluarga makan siang atau malam di restoran tentunya bisa menjadi selingan yang menyenangkan. Namun bagi Moms yang memiliki balita, momen makan di luar rumah bisa menjadi pekerjaan yang cukup ‘merepotkan’.

Pasalnya, tidak semua anak bisa menikmati sesi makan di restoran. Sebagian bahkan menolak untuk duduk tenang di kursi mereka saat para Moms dan Dads tengah menikmati makanan mereka.

Namun jangan khawatir Moms, karena M&B punya tips agar momen makan di restoran Anda dan keluarga akan lebih menyenangkan meski membawa Si Kecil.




Tips Mengajak Si Kecil Makan di Restoran

1. Sebelum berangkat, beri penjelasan singkat kepada Si Kecil tentang apa saja yang akan dilakukan saat makan di luar rumah. Sebisa mungkin, Anda memberikan gambaran situasi di restoran agar anak tidak kaget saat tiba di sana. Apabila Si Kecil sudah mengerti, Anda juga bisa memintanya untuk menjaga sikap selama berada di restoran.

2. Pilih restoran yang kids friendly. Anda bisa mengajak Si Kecil ke restoran yang memang punya toleransi yang cukup tinggi dengan kehadiran anak-anak. Dengan kata lain, restoran tersebut tidak menuntut pengunjungnya untuk bersikap sangat tenang. Selain itu, pastikan rumah makan yang Anda pilih untuk memiliki fasilitas buat anak-anak, termasuk menyediakan menu khusus anak dan high chair agar Si Kecil bisa duduk lebih nyaman. Jika memang perlu, pilih restoran yang memiliki area bermain untuk anak-anak.

3. Pilih restoran yang tidak terlalu lama saat menyajikan makanan. Pilih makanan kesukaan Si Kecil agar ia mau memakan dan menghabiskannya.

4. Bawa salah satu mainan kesukaan Si Kecil atau perlengkapan mewarnainya. Dengan begitu, anak Anda bisa memiliki kegiatan saat ia mulai bosan duduk di kursinya. Sebagian Moms, mungkin memberikan gadget agar anak tetap tenang. Meski cukup berhasil, tapi cara ini tidak disarankan ya Moms. Selain bisa memengaruhi mata, anak menjadi terbiasa dengan penggunaan gadget dan berpotensi kecanduan alat yang satu ini.



5. Apabila Si Kecil memang tipe anak yang benar-benar sulit duduk tenang untuk periode yang lama, mungkin Moms dan Dads bisa berkompromi dengan makan bergantian. Dengan begitu, Anda bisa fokus memerhatikan Si Kecil atau mengajaknya bermain sehingga tidak berlarian di sekitar restoran dan mengganggu pengunjung lain.

6. Alih-alih makan malam, Anda bisa memilih waktu makan siang untuk datang ke restoran guna menghindari Si Kecil kelelahan atau merasa mengantuk. Moms tentu tahu bahwa anak cenderung lebih rewel ketika lelah dan mengantuk.

7. Moms juga bisa membawa camilan berupa biskuit atau buah guna mengatasi anak merasa gelisah karena lapar atau tidak makan dalam waktu yang cukup lama. Oh ya, Anda mungkin perlu membawa lap atau tisu untuk membersihkan tangan serta mulut Si Kecil.  

8. Jangan lupa memberi pujian kepada Si Kecil apabila ia mau menghabiskan makanan dan bersikap baik selama di restoran. Pujian akan membuatnya bangga sehingga ia akan melakukan hal yang sama ketika Anda mengajaknya ke restoran lagi di hari lain.

Moms kini tentunya tidak ragu lagi membawa Si Kecil makan di restoran. Yuk, sesekali ajak keluarga Anda makan di luar rumah untuk mendapatkan suasana baru, sekaligus mempererat hubungan antara anggota keluarga. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   makan di restoran,   highchair