Mother&Baby Indonesia
Apakah Anda Terlalu Keras pada Anak? Ini Tanda-Tandanya

Apakah Anda Terlalu Keras pada Anak? Ini Tanda-Tandanya

Orang bilang, mendisiplinkan anak adalah salah satu bentuk kasih sayang. Namun, disiplin bisa menjadi suatu dilema bila Anda terlalu keras menerapkannya. Berikut tanda-tanda saat Anda terlalu keras dan kaku pada Si Kecil.


1. Terlalu Banyak Menerapkan Aturan

Nancy Darling, Ph.D., profesor psikologi dari Oberlin College, Ohio, AS, mengatakan bahwa peraturan memang diperlukan untuk melatih disiplin Si Kecil. Namun sebaiknya aturan yang Anda buat sesuai dengan usia anak dan tidak terlalu banyak agar ia tidak mengalami kebingungan. Misalnya, latihan disiplin untuk balita usia 4-5 tahun bisa dengan membiasakan ia meletakkan piring dan gelas kotor bekas makan di tempat cuci piring.




2. Anda Gemar Mengancam

Kalimat-kalimat ancaman setiap kali Si Kecil rewel atau susah diatur sebaiknya tidak Anda katakan pada Si Kecil. Sebab, bisa jadi ia malahan tidak peduli dan bahkan semakin susah diatur yang mana akan membuat Anda semakin susah menenangkannya.


3. Cinta Anda Bersyarat

Mengatakan, “Mama sayang kamu, tapi mama harap kamu berhenti merengek di depan umum ya,” adalah pilihan kata yang lebih bijak daripada Anda mengatakan, “Kalau kamu masih ngambek, mama tak lagi sayang kamu.” Bila cinta Anda bersyarat, itu artinya Anda masih terlalu keras padanya.


4. Kata-Kata Anda Kasar

Setiap kata yang Anda ucapkan pada Si Kecil mengandung makna. Karena itu, usahakan untuk selalu gunakan bahasa yang santun, sekalipun Anda marah padanya. Perhatikan pula bagaimana intonasi yang keluar dari setiap kata yang Anda gunakan ya, Moms.




5. Anda Bertindak sebagai ‘Polisi’ buat Anak

Apakah Anda kerap memperlakukan Si Kecil seperti seorang ‘polisi’ yang selalu menghukum penjahat jika Si Kecil berbuat salah? Misalnya, Si Kecil tidak mau tidur siang, jadi Anda melarangnya dengan tidak memperbolehkan ia bermain di taman sebagai bentuk ‘hukuman’. Jika cara ini adalah pola pengasuhan Anda, berarti Anda memang terlalu keras pada Si Kecil.


6. Anak Anda Tak Pernah Bermain

Anak-anak memang butuh belajar untuk meningkatkan kemampuan otaknya. Tetapi di sisi lain, mereka juga butuh waktu untuk bermain dan bersantai. Si Kecil juga bisa saja enggan mengajak temannya bermain di rumah karena Anda terlalu banyak memberi peraturan saat mereka berada di rumah dan bermain bersama.


7. Anda Banyak Melarang

Ini tidak boleh, itu tidak boleh. Bila kata-kata itu yang sering Anda berikan pada Si Kecil, hal itu bisa menunjukkan bahwa Anda tidak memberikan semangat pada Si Kecil untuk melakukan suatu hal dengan benar. Yang terjadi, Anda terlalu keras mengontrolnya.


8. Sikap Anda Dingin Seperti Es

Perhatikan bagaimana cara Anda bersikap kepada Si Kecil, apakah Anda jarang memberikan pelukan hangat dan ciuman sayang kepadanya? Bila jawabannya ya, bisa jadi Anda orang yang keras pada Si Kecil. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   disiplin








Related Article