Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Mengenalkan ragam jenis hewan pada anak penting tentulah penting. Salah satu caranya dengan memberikan hewan peliharaan untuknya. Dan memiliki hewan peliharaan yang tepat membuat Si Kecil belajar untuk bisa menyayangi sekaligus bertanggung jawab dalam merawatnya.

Namun, menentukan hewan untuk dipelihara di rumah bukanlah sebuah perkara yang mudah. Moms juga harus memikirkan keamanan dan keselamatan anak selama bermain. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut ini agar Anda dapat memilih hewan peliharaan yang cocok buat Si Kecil.




1. Kesiapan Anak

Hal pertama yang perlu Moms perhatikan adalah apakah anak sudah siap untuk memiliki hewan peliharaan. Cara untuk mengetahuinya, perhatikan saat ia berinteraksi dengan hewan lain. Apabila Si Kecil terlihat bisa bersikap baik dan menyayangi hewan tersebut, maka kemungkinan besar ia sudah siap untuk memiliki hewan peliharaan.


2. Pertimbangkan Usia Anak

Menurut Konsultan Senior di Pusat Adopsi American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), Pamela Barlow, usia 3 hingga 5 tahun merupakan umur yang ideal bagi orang tua untuk mengenalkan anak kepada hewan peliharaan. Sebab, pada usia tersebut, mereka sudah lebih mudah diajak berkomunikasi dan diskusi tentang lingkungan dan merawat hewan peliharaan.




3. Lingkungan Rumah

Kalau anak sudah siap, berarti lingkungan rumah Anda juga harus siap. Pastikan bahwa rumah Anda mampu menjadi tempat untuk mereka beraktivitas setiap hari. Hal ini jadi penting apabila hewan peliharaan yang Anda pilih sangat agresif.


4. Melakukan Tes Alergi

Sebelum memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, pastikan bahwa Si Kecil tidak memiliki alergi pada hewan apa pun. Atau paling tidak, Anda tahu hewan apa yang aman jika anak Anda berada di dekatnya. Anda bisa mengajak anak ke rumah sakit terlebih dahulu untuk mengikuti tes alergi ini.


5. Bisa Merawat

Terakhir, tak hanya Si Kecil yang belajar, Anda sebagai orang tua yang juga pemilik hewan peliharaan juga harus sanggup merawatnya. Pastikan Anda memiliki waktu untuk memandikan, memberi makan, serta membersihkan kotoran dan tempat hewan tidur atau bermain. Yang penting juga adalah kesabaran selama merawat, agar anak Anda dan hewan mungkin bisa menjadi teman dekat dan tumbuh bersama. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   hewan peliharaan,   memelihara hewan