Mother&Baby Indonesia
Aplikasi Mudahkan Orang Tua Pantau Perkembangan Anak

Aplikasi Mudahkan Orang Tua Pantau Perkembangan Anak

Moms, salah satu peran yang harus dijalankan oleh orang tua adalah membantu Si Kecil untuk memiliki tumbuh kembang yang optimal. Hal tersebut pun sudah mulai dilakukan, khususnya setelah anak berusia 6 bulan, di mana motorik kasar dan halusnya siap untuk diasah.

Namun setelah memasuki usia 3 tahun, tak jarang orang tua membutuhkan bantuan dalam memaksimalkan perkembangan anak. Selain karena aktivitas Moms dan Dads yang semakin padat, kebutuhan untuk stimulasi anak juga semakin bertambah.

Dan salah satu langkah yang dipilih adalah dengan memasukkan Si Kecil ke playgroup yang banyak tersedia saat ini. Untuk dapat menentukan sekolah yang tepat, tentu bukan perkara mudah. Ada banyak faktor yang perlu Moms pertimbangkan agar Si Kecil juga mampu mengikuti proses belajar di sana.



Hal yang penting adalah anak Anda merasa nyaman dan mampu beradaptasi dengan baik di sekolah tersebut. Faktor ini bisa terlihat dengan terlebih dahulu mengajak Si Kecil ke sekolah yang dituju. Lalu, kualitas guru dalam mengajar dan berinteraksi dengan lingkungan menjadi faktor lainnya.

Sebab, gurulah yang nantinya akan memberikan update mengenai perkembangan anak selama Moms tidak bersamanya saat di sekolah. Hal ini pun biasa disampaikan melalui pertemuan orang tua dan guru yang dilakukan secara berkala.

Sayangnya, kegiatan yang padat membuat Moms atau Dads sulit untuk menentukan waktu pertemuan yang penting tersebut. Maka, dibutuhkan cara lain untuk bisa tetap berkomunikasi dengan guru pengajar juga sekolah tempat Si Kecil belajar, yang tetap efektif dan efisien.


Aplikasi sebagai Pilihan Tepat

Berdasarkan kondisi tersebut, Tutor Time menjadi sekolah yang menyediakan aplikasi khusus bagi orang tua murid. Aplikasi tersebut bernama Brightwheel, yang difungsikan sebagai sarana komunikasi yang efektif dan efisien, antara guru, sekolah, dan orang tua.

Seluruh guru dan staf dari Tutor Time menggunakan aplikasi ini untuk merekam dan meninjau setiap kegiatan yang berlangsung setiap hari di dalam kelas. Bahkan, segala keperluan administrasi yang orang tua butuhkan juga tercatat di sana.


Sebagai pengguna, orang tua pun akan mendapatkan data mengenai segala hal yang dilakukan Si Kecil di sekolah secara pribadi. Sebab, setiap data anak murid di Tutor Time sudah masuk ke dalam aplikasi, bahkan sejak hari pertama ia masuk sekolah.

Lebih detail lagi, hal-hal yang bisa Moms dapatkan melalui aplikasi Brightwheel ini di antaranya adalah:

1. Daily updates, segala aktivitas anak Anda akan tercatat secara real-time selama satu hari ia bersekolah.



2. Foto dan Video, guru yang mengajar akan mengirimkan gambar atau video Si Kecil saat belajar dan melakukan kegiatan lainnya secara langsung.

3. Selalu terhubung, Anda sebagai orang tua akan selalu terkoneksi dengan para pengajar di Tutor Time. Dengan begitu, hal yang sudah Anda pantau di sekolah bisa dapat diterapkan di rumah dan Anda bisa langsung mengonsultasikannya dengan sang guru.


4. Berkirim pesan, ketika Si Kecil sakit atau harus izin tidak masuk sekolah, Anda bisa langsung mengirimkan catatan kepada gurunya melalui aplikasi.

5. Kalender, Anda bisa mengetahui semua acara atau kegiatan penting lain yang akan diselenggarakan sekolah.


Komunikasi Makin Mudah

Kehadiran Brightwheel menjadi solusi yang menghubungkan orang tua murid dengan guru dan staf sekolah lebih mudah, karena segala informasi yang dibutuhkan bisa dikirimkan dan diterima di mana saja dan kapan saja.

Bahkan, aplikasi yang dibutuhkan hanya satu dengan dua akun berbeda, jika Moms memasukkan Si Kakak dan Si Adik ke Tutor Time. Oleh sebab itu, Anda pun diharuskan mengunduh aplikasi ini pada gadget yang biasa Anda gunakan sehari-hari.


Lengkapnya fitur-fitur dalam Brightwheel ini bisa Anda manfaatkan dengan baik, untuk memantau dan melanjutkan stimulasi untuk tumbuh kembang Si Kecil yang optimal. Satu hal yang perlu diperhatikan, aplikasi hanya menggunakan bahasa Inggris saja ya, Moms!

Dengan memilih Tutor Time yang sudah berdiri sejak 1996 ini pun tak hanya untuk sarana Si Kecil belajar, tetapi Moms dan Dads juga bisa semakin mengenal dan mengikuti tumbuh kembangnya, meski sedang melakukan kesibukan lain.

Tutor Time memiliki 8 cabang yang hadir di Indonesia, yaitu Kemang, Pondok Indah, Kelapa Gading Kirana, Kelapa Gading Bukit, Intercon Kebon Jeruk, Pluit, Serpong, dan Bandung. Anak-anak yang lulus dari Tutor Time pun berprestasi, baik dalam skala nasional maupun internasional. apabila Moms ingin mengenal lebih jauh mengenai Tutor Time, yuk temukan di www.tutortime.co.id. (Vonia Lucky/ND/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   tumbuh kembang,   sekolah,   aplikasi,   belajar,   orang tua