Mother&Baby Indonesia
6 Cara Membuat Bayi Selalu Ceria dan Bahagia

6 Cara Membuat Bayi Selalu Ceria dan Bahagia

Membuat bayi selalu ceria ternyata tidak terlalu sulit. Yuk, tiru rahasia Rachel Waddilove, pengasuh dari anak-anak aktris Gwyneth Paltrow yang selalu berhasil membuat bayi senantiasa nyaman dan gembira.


1. Pastikan Bayi Selalu Kenyang

Pastikan bahwa bayi Anda selalu kenyang setiap kali Anda memberi ia ASI atau susu. Jika anak masih minum ASI, ukuran kenyangnya adalah ia menyusu selama 10-25 menit di setiap payudara. Dan jika ia minum susu dari botol, gunakan perhitungan sederhana ini: Kurangi setengah dari berat badan Si Kecil dan ia akan kenyang jika telah menghabiskan sejumlah itu dikali 29,5 ml.



Misalnya berat bayi Anda adalah 8 kilogram, maka ia akan kenyang bila telah menghabiskan susu sebanyak 4x29,5 ml atau total 118 ml.


2. Awasi Tidur Si Kecil

Makan dan tidur yang teratur adalah hal yang paling membuat bayi Anda merasa puas. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tanda-tanda jika ia mengantuk, yaitu anak akan menggerakkan kepalanya berulang-ulang, mengisap jari-jarinya, dan tentu saja menguap!

Jadi, segera tidurkan Si Kecil jika tanda-tanda tersebut muncul ya, Moms.


3. Bedong saat Tidur

Untuk newborn, membedongnya dengan kain hangat akan membuat ia tidur lelap. Tapi ingat, untuk tidak membedongnya terlalu ketat, dan biarkan sebelah tangannya keluar dari bedong agar ia tetap leluasa bergerak.




4. Perangi Kolik!

Dalam pengalaman Rachel, bayi yang kolik biasanya bisa teratasi dengan memberikan jadwal makan yang teratur. Baik itu makan berat ataupun makan camilan.


5. Hentikan ‘Kenakalannya’

Bayi mengerti pernyataan ‘jangan’ atau ‘tidak’ saat usianya satu tahun. Angkat jari Anda ke atas dan ulangi kata-kata “Tidak boleh. Kamu tidak boleh menyentuh atau melakukan itu.”

Bila Si Kecil malah tertawa dan tak peduli, gendonglah dan pindahkan ia dari kegiatan yang tengah ia lakukan. Hal ini akan membuat ia tahu bahwa selalu ada konsekuensi dari perilaku nakalnya.


6. Bangun Tepat Waktu

Hindari bangun terlalu pagi dan bangun tengah malam. Namun bayi yang berusia di bawah 6 bulan memang biasanya kerap terbangun tengah malam. Dan untuk menghindari kemungkinan ia terserang demam karena hal ini, pastikan tubuhnya selalu tertutup selimut atau cobalah kantung tidur agar ia tetap hangat setiap saat.

Kebiasaan bangun terlalu pagi pun dapat membuat bayi menjadi cengeng. Maka ganti popoknya, lalu letakkan ia kembali ke tempat tidur. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   mood,   bayi bahagia,   bayi ceria