Mother&Baby Indonesia
Bahaya di Balik Penggunaan Aksesori Rambut bagi Bayi

Bahaya di Balik Penggunaan Aksesori Rambut bagi Bayi

Meskipun memiliki seorang bayi, baik laki-laki maupun perempuan, sama-sama memberikan kebahagiaan buat Anda, bagi sebagian Moms, punya bayi perempuan bisa memiliki keasyikan tersendiri. Ya, Anda pasti akan mendadani buah hati Anda dengan memberikan berbagai macam aksesori, seperti bandana, pita, ikat atau jepit rambut.

Memang, aksesori di kepala tersebut akan membuat putri Anda terlihat kian cantik dan menggemaskan. Akan tetapi hati-hati ya Moms, karena aksesori ini juga berpotensi menimbulkan bahaya bagi bayi Anda. Apa saja bahayanya?




Menutupi Ubun-ubun

Pemakaian bando atau bandana di kepala bayi sesungguhnya bisa dikategorikan aman. Tidak ada larangan khusus untuk memakaikan aksesori rambut ini di kepala Si Kecil. Hanya saja, Moms perlu memperhatikan letak pemakaian bando atau bandana tersebut. Sangat disarankan Anda memakaikan bandana di bagian dahi bayi, bukan menutupi ubun-ubunnya. Hal ini dimaksudkan agar ubun-ubun bisa tetap ‘bergerak’ sebagaimana mestinya.


Menimbulkan Rasa Nyeri

Bahaya yang berpotensi ditimbulkan oleh pemakaian bando pada bayi adalah rasa tidak nyaman atau bahkan nyeri di kepala Si Kecil. Guna menghindari hal tersebut, sebaiknya Moms memilih bando yang terbuat dari bahan yang lembut bagi kulit sensitif bayi. Hindari bando yang terbuat dari bahan yang kasar dan tidak menyerap keringat. Hal ini justru bisa membuat kulit Si Kecil teriritasi.

Selain itu, pilih ukuran bando yang sesuai dengan ukuran kepala anak. Apabila terlalu kecil, bando bisa membuat peredaran darah di sekitar kepala anak menjadi tidak lancar sehingga menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman bagi Si Kecil. Salah satu tanda bahwa bando yang Anda pilih berukuran terlalu kecil adalah ketika menimbulkan bekas di kulit kepala bayi.




Menjerat Leher

Bandana adalah aksesori yang paling sering dikenakan bayi perempuan. Selain warna-warnya yang lucu menggemaskan, bandana juga mudah sekali dikenakan. Sekilas, penggunaan bandana di kepala memang tidak berbahaya. Namun, seringkali bayi menggerak-gerakkan kepalanya atau menarik bandana sehingga merosot dan berpotensi menjerat lehernya. Hal yang sama juga bisa terjadi saat Moms memakaikan pita panjang di rambut Si Kecil. Sangat disarankan Anda melepas terlebih dahulu bandana atau pita tersebut ketika Si Kecil akan tidur guna menghindari risiko menjerat leher bayi.


Bahaya Tertelan

Saat memilih bando atau ikat rambut bagi bayi, sebaiknya Moms memilih model-model polos tanpa tambahan aplikasi berupa manik-manik, hiasan bunga-bunga atau bola-bola kecil yang terbuat dari plastik atau karet. Pasalnya, hiasan semacam ini mudah sekali terlepas dari bando.

Jika terlepas dan terjatuh dekat Si Kecil, bukan tak mungkin ia akan memungut lantas memasukkannya ke dalam mulut. Moms tentu tahu bahwa bayi memiliki kebiasaan memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari eksplorasi dan tumbuh kembangnya.

Masalahnya, manik-manik atau hiasan dalam bentuk mungil ini sangat berisiko menyebabkan bayi tersedak dan bisa menimbulkan kematian. Jika tertelan, bahan hiasan yang terbuat dari plastik tentunya tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga bisa menimbulkan masalah pada organ tubuh bayi. Jepitan kecil juga berpotensi menimbulkan masalah yang sama Moms. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   aksesori bayi,   aksesori rambut,   kepala bayi,   bando,   bandana