Mother&Baby Indonesia
Kapan Boleh Memberikan MPASI Seafood pada Anak?

Kapan Boleh Memberikan MPASI Seafood pada Anak?

Makanan pendamping ASI (MPASI) memang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi setelah ia melewati usia 6 bulan dan sudah lulus ASI eksklusif, Moms. Sebab, kebutuhan nutrisi Si Kecil sudah lebih besar dan sulit dicukupkan hanya dari ASI. Namun begitu, pemberian MPASI pun harus disesuaikan dengan pertambahan usia bayi Anda.

Salah satu jenis MPASI yang perlu dikenalkan pada Si Kecil adalah dari jenis makanan laut (seafood). Meski terbukti memiliki nilai protein yang baik dan mengandung nutrisi lainnya, seafood dapat menimbulkan reaksi alergi, dengan gejala-gejala seperti gatal-gatal, ruam merah, sampai asma yang sangat mengganggu pernapasan Si Kecil. Agar hal ini tak terjadi, Anda perlu memahami saat yang tepat dalam memberikan seafood pada anak, seperti berikut ini, Moms.




Udang

Udang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B6, B12, C, D. Kandungan kalsium, zat besi dan mineral lainnya juga cukup tinggi. Agar aman, Moms bisa mulai memberikannya sebagai MPASI pada saat ia berusia 1 tahun.


Kerang

Seafood yang satu ini memang sering disangka tidak baik bagi tubuh karena diduga mengandung merkuri yang berbahaya untuk tubuh. Namun, Moms bisa memilih kerang yang aman dengan kandungan protein yang sangat baik untuk kebutuhan anak, terutama ketika ia memasuki usia 1 tahun ke atas.


Cumi

Hewan yang ketika diolah memiliki tekstur kenyal ini mengandung omega-3 yang sangat dibutuhkan otak selama masa tumbuh kembang anak. Agar mudah dicerna dan dikunyah anak yang berusia 1 tahun, olah cumi yang sudah dipotong kecil-kecil.


Ikan Laut

Ikan, khususnya yang didapat dari laut, sangat baik untuk pertumbuhan Si Kecil, karena kandungan protein, vitamin dan mineral, serta omega-3 khususnya pada ikan salmon sangat penting diberikan pada anak. Anda sudah bisa memberikannya sejak usia anak 6 bulan. Namun, hindari memberikan ikan mentah (sashimi) karena kontaminasi bakteri yang belum bisa dicerna sempurna olehnya.




Kepiting

Meski memiliki kulit yang keras, namun daging kepiting sangat lembut dan manis ketika masih segar dan langsung diolah. Kekebalan tubuh anak pun tetap terjaga dengan memberikannya daging kepiting ini. Berikan saat ia sudah berusia 9 bulan dan jangan terlalu banyak agar tak memicu kolesterol.


Lobster

Serupa tapi tak sama, itulah udang dan lobster. Jika udang berukuran kecil, lobster memiliki bentuk yang lebih besar dan memiliki cangkang layaknya kepiting. Lobster bisa diolah menjadi bubur atau sup untuk mendukung pertumbuhan otak Si Kecil saat ia sudah berusia 1 tahun.


Ikan Teri

Faktanya, ikan teri sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh anak, karena mengandung vitamin B1 dan B12. Salah satu menu yang bisa dicampurkan dengan ikan teri adalah bubur manado, Moms. Anda pun sudah bisa memberikannya sejak usia 6 bulan, ya.


Teripang

Walaupun tergolong jarang dikonsumsi, teripang atau sea cucumber juga bisa diolah, salah satunya sebagai tumisan untuk anak. Berikan teripang setelah usianya 1 tahun ke atas. Teripang sendiri dapat menjaga sistem kardiovaskular, mengobati sakit maag, dan baik untuk kesehatan paru-paru Si Kecil. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   nutrisi,   makanan,   mpasi,   seafood,   makanan laut