Mother&Baby Indonesia
Cara Mudah Atasi Hidung Bayi Tersumbat

Cara Mudah Atasi Hidung Bayi Tersumbat

Dengan sistem imun yang masih dalam penyempurnaan dan belum berfungsi maksimal, Si Kecil yang masih bayi berisiko tinggi untuk terinfeksi penyakit ataupun mengalami gangguan masalah lainnya. Hidung tersumbat menjadi salah satu gangguan kesehatan yang umum dialami bayi.

Walaupun dapat sembuh dengan sendirinya, hidung tersumbat dapat membuat Si Kecil merasa tidak nyaman, uring-uringan, bahkan kehilangan nafsu makan. Kalau sudah begini, kondisi tubuhnya dapat semakin menurun, dan tentu akan lebih mudah terjangkit penyakit lainnya. Hal ini pasti sangat membuat Anda khawatir kan, Moms?




Kiat Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Tapi Moms tak perlu bingung dan khawatir berlebihan, karena ada cara mudah untuk atasi hidung tersumbat. Pada peluncuran MoMaMi 15 Agustus 2019 lalu, dr. Edwin Tanihaha, Sp. KK, Dip. AAAM, MHKEs, KFCCS, dokter spesialis kulit dan kelamin, menyatakan bahwa air larutan garam atau NaCl dapat membantu mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

“Menurut yang saya tahu, NaCl 0,9 persen banyak sekali dipakai di dunia kedokteran sebagai kompres, untuk mengompres luka-luka yang mengeras. Setelah dikompres, luka yang mengeras jadi lebih mudah lepas dan dibersihkan. Nah, konsepnya seperti itu. Jadi kalau ada lendir yang mengeras atau ingus yang mengeras, mungkin jadi bisa lebih gampang diambilnya,” ujar dr. Edwin. 0,9 persen isotonik NaCl sendiri dikenal sebagai antiseptik alami yang dapat berfungsi untuk mengencerkan lendir.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Abi Shihab, selaku Marketing Manager MoMaMi. Di acara yang sama, ia mengaku bahwa kompres dan mengusap hidung dengan cairan NaCl 0,9 persen membantu mengatasi hidung tersumbat saat ia mengalami gejala pilek. “Enggak cuma untuk bayi saja. Ketika saya pilek, saya juga menggunakan metode tersebut. Dan benar, setelah dipakai, jadi ada jeda di mana hidung terasa lega dari ingus,” tutur Abi.

Tapi terkadang larutan tersebut sulit dicari, dan tidak semua tempat menyediakan larutan yang kualitasnya terjamin. Belum lagi cara menggunakan yang cukup sulit. Lalu, bagaimana?

MoMaMi Saline Wipes dapat menjadi produk mengandung NaCl 0,9 persen yang bisa Anda pilih. Selain praktis, tisu basah ini efektif membantu atasi hidung mampet Si Kecil. Tidak seperti tisu wajah pada umumnya, Moms dapat gunakan tisu ini saat Si Kecil pilek tanpa membuat kulit hidungnya kering dan iritasi. Tidak hanya mengandung 0,9 persen isotonik NaCl, tisu basah ini juga dilengkapi oleh ekstrak chamomile sehingga dapat mencegah iritasi pada kulit bayi yang sensitif.



Cukup kompres atau usap hidung bayi yang tersumbat, maka lendir atau ingusnya akan mencair dalam beberapa saat. Diluncurkan secara resmi pada 15 Agustus lalu, MoMaMi Saline Wipes bisa Moms dapatkan di gerai Mothercare terdekat dengan harga Rp35.000.


Selain Saline Wipes, MoMaMi juga menghadirkan 5 varian tisu basah lain dengan fungsi yang berbeda-beda. Terdapat Anti-Bacterial Wipes yang multiguna, Water Wipes yang awet dan cocok untuk kulit sensitif Si Kecil, Pacifier & Bottle Wipes untuk membersihkan mainan serta alat makan Si Kecil, Tooth & Gum Wipes untuk membersihkan mulut dan gigi Si Kecil, dan Citrapella Wipes untuk mengusir serangga serta nyamuk.

Seluruh varian tersebut dibuat khusus untuk ibu modern dan kondisi Si Kecil. Lina Paulina, Vice President MoMaMi, menyatakan, “Ibu masa kini sangat detail dan ingin semua produk untuk anaknya aman serta sesuai dengan kebutuhan. Berbekal pemikiran itu, kami menghadirkan 6 varian Baby Wipes, sesuai dengan berbagai kebutuhan bayi dan anak.”

Mudah bukan, Moms? Tak lagi repot saat hidung Si Kecil tersumbat, deh. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik, MoMaMi)



Tags: bayi,   pilek,   hidung tersumbat,   hidung mampet,   momami