Mother&Baby Indonesia
6 Penyebab Anak Muntah Setelah Minum Susu Formula

6 Penyebab Anak Muntah Setelah Minum Susu Formula

Anak (khususnya bayi) muntah memang bukan pemandangan yang aneh lagi ya, Moms. Namun pernahkah anak Anda muntah setelah minum susu formula? Jika ya, tenang saja, Moms, karena Anda tidak sendiri. Kondisi ini juga banyak dialami oleh anak lain, kok.

Walau muntah setelah minum susu formula terbilang sering terjadi, namun tak banyak Moms yang tahu apa penyebabnya. Apakah berbahaya bagi anak? Apakah mengindikasikan masalah serius pada anak? Bagaimana mengatasinya? Tentunya masih banyak lagi pertanyaan yang melintas di benak Anda terkait anak muntah setelah minum sufor. Untuk itu, ketahui penyebabnya berikut ini yuk, Moms.




1. Masalah Pencernaan

Setelah anak muntah, para Moms tentu langsung mencurigai penyebab yang satu ini: gangguan masalah pencernaan. Kecurigaan Anda sepertinya benar, Moms. Kondisi ini juga wajar terjadi di usia 0-12 bulan, karena sistem pencernaan anak usia tersebut belum sempurna, sehingga bisa menyebabkan muntah setelah minum sufor.


2. Alergi

Muntah merupakan salah satu reaksi alergi yang paling sering terjadi, terutama pada anak. Nah, jika anak Anda muntah setelah minum susu formula, mungkin ia alergi dengan salah satu komponen dalam susu formula tersebut.


3. Salah Posisi

Pada anak, khususnya bayi, salah posisi ketika minum susu bisa membuat Si Kecil muntah. Kok bisa ya? Tentu saja bisa, karena posisi yang salah membuat susu tidak masuk ke saluran pencernaan, dan justru masuk ke saluran napas. Mekanisme tubuh yang baik akan otomatis mengeluarkan susu dari saluran napas, salah satu caranya dengan muntah.




4. Infeksi

Jika saluran pencernaan anak mengalami infeksi, umumnya akan timbul beberapa gejala, seperti diare, sakit perut, demam, dan tentu saja muntah ketika diberi makanan atau susu.


5. Anak Aktif

Baru minum susu, anak sudah terlalu aktif bergerak? Wajar saja jika ia muntah setelah minum sufor. Ini bukan karena ada penyakit atau alergi, namun karena sufor yang belum tercerna dengan baik itu terpaksa harus dikeluarkan lagi dengan cara muntah. Anak rewel dan menangis juga bisa menyebabkan perut bereaksi untuk memuntah sufor yang baru diminum.


6. Kekenyangan

Jika beberapa masalah kesehatan di atas bukan penyebab Si Kecil muntah, mungkin penyebabnya sederhana saja, yaitu kekenyangan. Ya, jika lambung anak sudah penuh dan tidak muat diisi makanan lagi, maka sangat mungkin Si Kecil muntah setelah minum susu formula. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: susu formula,   muntah,   anak,   bayi,   penyakit,   pencernaan,   kesehatan