Home - Bayi - Perawatan Bayi / 11 Agustus 2019 / Redaksi

Ini Besarnya Biaya Perawatan Anak Usia 0-12 Bulan

Saat memiliki bayi, Anda sudah harus memikirkan biaya-biaya yang dibutuhkan untuk perawatannya. Biaya ini mencakup kebutuhan pokok, seperti sandang, pangan, dan papan, juga kebutuhan sekunder berupa perlengkapan bayi, sampai biaya jangka panjang seperti pendidikan.

Penelitian yang dilakukan oleh The Organization For Economic Cooperation and Development, telah dikumpulkan data dari 33 negara maju di dunia. Ditemukan fakta bahwa penduduk Inggris mengeluarkan uang untuk biaya perawatan anak paling banyak di dunia. Untuk gaji seorang pengasuh saja, dibutuhkan biaya 25.000 Euro per bulan. Ini jumlah yang tidak sedikit! Setara dengan tiga perempat pendapatan rata-rata seorang karyawan di sana.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa para ibu di Inggris lebih banyak berhenti bekerja dan mengurus sendiri Si Kecil untuk memangkas biaya pengasuh yang sangat tinggi. Walau M&B tidak menemukan penelitian khusus mengenai hal ini di Indonesia, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa biaya perawatan anak di sini pun cukup tinggi. Mari kita buktikan dengan menghitung kira-kira biaya yang dibutuhkan di tahun pertama usia bayi.




1. Perlengkapan Bayi

Banyak sekali perlengkapan bayi ayng Anda siapkan untuk Si Kecil. Sebut saja stroller, boks bayi, sampai pernak-pernik lainnya. Hampir sekitar puluhan juta uang yang Anda keluarkan untuk membeli produk-produk ini.


2. Susu

 Jika Anda memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya ekstra yang satu ini. Tetapi beda halnya jika karena satu dan lain hal, Anda tidak bisa memberikan ASI pada Si Kecil, sehingga terpaksa memberikan susu formula untuk bayi Anda.

Harga susu formula ukuran kecil dalam bungkus karton, berkisar di atas Rp50.000, dan biasanya habis dalam waktu 3-4 hari. Bisa Anda perhitungkan biaya susu anak selama sebulan?




3. Dokter dan Imunisasi

Kunjungan ke dokter anak untuk memeriksa perkembangan dan imunisasi, biasanya dilakukan setiap bulan sampai anak berusia satu tahun. Sebenarnya, besar biaya ini tergantung dari tenaga kesehatan yang Anda pilih, apakah di rumah sakit atau puskesmas.

Jika Anda memilih rumah sakit, biasanya sekitar Rp300.000 ke atas yang diperlukan untuk membayar administrasi rumah sakit dan imunisasi. Biaya ini akan lebih besar jika anak sakit karena Anda memerlukan uang ekstra untuk membayar obat-obatannya.


4. Makanan

Makanan padat idealnya baru diberikan setelah anak berusia enam bulan. Jika Anda memutuskan untuk membuatkan MPASI sendiri untuk Si Kecil, biaya yang diperlukan untuk membuat bubur saring (yang terdiri dari sayuran dan lauk) maksimal adalah Rp25.000. Biaya ini harus ditambahkan dengan biaya yang diperlukan untuk membeli buah sebagai makanan selingannya.


5. Pengasuh

Gaji seorang pengasuh dari yayasan penyalur yang khusus untuk newborn dan bayi biasanya berkisar antar Rp1.500.000-Rp2.000.000. Tak jarang, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk merekrut pengasuh khusus bayi yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya lho, Moms.

Dengan rincian ini, tentunya Anda sudah bisa mengestimasi pengeluaran per bulan untuk keperluan Si Kecil. Pengeluaran ini tentunya harus ditambah dengan pengeluaran rumah tangga, keperluan sehari-hari, cicilan rumah dan kendaran bermotor, juga pengeluaran lain yang tak terduga, serta tabungan dan investasi untuk masa depan anak. Semangat terus, Moms! (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

6 Info Penting seputar Herpes Simpleks pada Bayi

Bayi Kuning, Cukup Dijemur Saja atau Harus Dirawat?

Ini Cara Tepat Mengatasi Dermatitis Atopik pada Bayi

OTHER ARTICLES

7 Jurus Ampuh Anti Mengompol untuk Balita Anda

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Berenergi?

Tahu Lebih Banyak Soal Sariawan pada Bayi

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Tips Berkendara Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil