Mother&Baby Indonesia
5 Makanan Super untuk Menjaga Kesehatan Rambut Anda

5 Makanan Super untuk Menjaga Kesehatan Rambut Anda

Sama seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga perlu dijaga kesehatannya. Rambut yang sehat, tebal, dan kuat tentu menjadi dambaan semua orang, bukan hanya wanita, tapi juga pria. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Anda mungkin bahkan sampai merasa perlu membeli produk perawatan rambut yang mahal.

Padahal, untuk merealisasikan hal tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang secara rutin, Moms. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut Anda.




1. Telur

Telur jadi pilihan terbaik buat Anda yang ingin memiliki rambut sehat dan tebal, karena telur mengandung protein dan biotin. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi-nutrisi penting yang baik untuk kesehatan rambut, seperti zinc dan selenium.

Protein diperlukan untuk mencegah rambut Anda rapuh dan mudah rontok, sementara biotin merupakan salah satu zat esensial yang berfungsi untuk memproduksi keratin, protein yang membuat rambut tumbuh lebat dan sehat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi lebih banyak biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.


2. Bayam

Sayuran ini merupakan makanan super yang mampu membuat rambut sehat dan tebal. Pasalnya, bayam mengandung folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. 

Vitamin A yang ada pada bayam membantu kelenjar kulit memproduksi minyak alami kulit yang akan membantu melumasi folikel rambut dan kulit kepala. Adapun zat besi pada bayam berfungsi untuk mengirimkan oksigen ke sel-sel rambut.




3. Ikan dengan Omega-3

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel juga perlu Anda konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan rambut, Moms. Tubuh kita tidak memproduksi lemak jenis ini. Karena itu, Anda mesti mendapatkannya dari makanan atau suplemen.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 sangat baik untuk rambut. Masalah rambut pada wanita yang rutin mengonsumsi omega-3 dan omega-6 dilaporkan berkurang, misalnya tidak lagi menjadi sering rontok. Rambut mereka pun menjadi sehat dan tebal.


4. Alpukat

Buah ini selain dikenal sebagai sumber lemak yang baik bagi tubuh, juga bisa membantu Anda memiliki rambut kuat dan sehat lho, Moms. Alasannya, alpukat memiliki kandungan vitamin E yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin E juga melindungi area kulit kepala sehingga folikel rambut Anda jadi lebih kuat.


5. Ubi Jalar

Rambut Anda kering dan tidak berkilau? Anda bisa mengonsumsi ubi jalar karena memiliki kandungan beta karoten. Di dalam tubuh, zat ini akan diubah menjadi vitamin A yang akan dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Selain itu, beta karoten yang diubah menjadi vitamin A ini berperan untuk melindungi rambut dari kekeringan atau menjadi kusam dengan cara mendorong kelenjar di kulit kepala untuk membuat cairan berminyak yang disebut sebum yang mencegah rambut menjadi mengering. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   rambut,   rambut sehat,   makanan untuk rambut








Related Article