Mother&Baby Indonesia
Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Duduk Terlalu Lama

Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Duduk Terlalu Lama

Kehamilan yang Moms jalani memang terasa melelahkan, ya. Bahkan tak jarang, Anda lebih sering duduk dibandingkan melakukan aktivitas. Meski terbilang sederhana, duduk terlalu lama ternyata bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, khususnya selama masa kehamilan Anda lho, Moms! Terutama jika lakukan di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.


Risiko Ibu Hamil Duduk Terlalu Lama

Duduk memang bukan hal yang membahayakan bagi ibu hamil. Namun, jika dilakukan terlalu lama, ada sejumlah risiko yang bisa menghantui kesehatan kehamilan Anda Moms, yakni:



• Darah menggumpal dan beku

Posisi duduk akan menekan pinggul bagian bawah, yang dapat menghambat peredaran darah. Dengan volume darah yang meningkat hingga 50 persen saat hamil, hal ini akan membuat darah menggumpal di bagian tubuh tertentu, seperti panggul dan kaki. Jika ini berlangsung dalam waktu lama, Anda bisa berisiko terkena penyakit trimbosis vena dalam (DVT) dan emboli paru yang sangat fatal bila terjadi pada Anda.

• Kelebihan berat badan

Duduk yang terlalu lama membuat Anda malas bergerak, sehingga berat badan juga bisa bertambah secara tidak sehat. Risiko dari hal ini adalah membuat proses melahirkan menjadi sulit hingga timbulnya penyakit penyakit diabetes gestasional. Kemungkinan lainnya, Anda akan mengalami kelahiran pre-eklampsia, bayi lahir terlambat, bayi lahir melalui operasi caesar, hingga keguguran.

• Nyeri pada perut



Seiring bertambahnya usia kehamilan, perut akan membesar dan mungkin akan terasa nyeri. Hal ini dikarenakan rahim yang semakin besar dan akan memenuhi rongga perut Anda. Maka, jika Anda terlalu lama duduk, rasa nyeri tersebut akan semakin parah sebab posisi tersebut membuat rongga perut semakin tertekan.

• Depresi

Dilansir dari Futurity, sebuah penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang duduk terlalu lama dapat memicu gejala depresi. Hal ini disebabkan tubuh Anda menjadi kurang bergerak, sehingga indeks massa tubuh (IMT) juga bertambah dan menjadi faktor-faktor timbulnya depresi pada ibu hamil.


Durasi Duduk Aman

Moms tentu boleh saja duduk jika merasa lelah. Namun menurut dr. Alan Hedge dari Cornell University, New York, AS, setiap Anda duduk selama kira-kira 20 menit, usahakan untuk berdiri dan regangkan otot-otot selama 8 menit.

Yang terpenting, imbangi juga dengan aktivitas fisik atau olahraga seperti berenang dan berjalan kaki secara rutin. Lakukan kegiatan di siang hari secara aktif untuk mengurangi jumlah waktu duduk Anda. Dan waktu yang lebih baik untuk beristirahat adalah saat menjelang sore hari, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   duduk,   kesehatan,   depresi,   diabetes