Mother&Baby Indonesia
Begini Cara Mengatasi Wajah Berjerawat Saat Hamil

Begini Cara Mengatasi Wajah Berjerawat Saat Hamil

Di awal masa kehamilan, tubuh Anda tentu akan menyesuaikan diri dengan peningkatan hormon yang terjadi. Salah satunya adalah timbulnya jerawat pada wajah yang bisa bumil alami. Dan hormon yang berperan dalam hal ini adalah hormon androgen, yang merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak bernama sebum.

Selama hamil pun Anda tetap beraktivitas dan terpapar udara yang bisa menyebabkan munculnya sel-sel mati. Jika sel-sel mati tersebut bercampur dengan sebum, hal ini akan membuat bakteri berkembang biak dengan cepat dan akhirnya timbul jerawat di wajah Anda.

Meski tak bisa dihindari, jerawat ini tetap bisa diatasi kok, Moms. Bagi Anda sedang mengalaminya, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Gunakan sabun yang lembut di kulit dan cocok buat wajah Anda untuk membersihkannya.



Jangan lupa juga membersihkan tangan sebelum menyentuh wajah Anda, Moms. Ganti beberapa hal, seperti sarung bantal, selimut, atau sprei secara berkala. Ini akan membantu mencegah kotoran yang ada masuk ke area wajah Anda.


Menggunakan Obat Aman dan Alami

Ketika jerawat timbul, jangan sembarangan dalam penggunaan obat, sebab dapat memengaruhi kesehatan Anda dan janin. Beberapa obat yang disarankan untuk digunakan di antaranya adalah tretionin, isotretionin, asam silisalat, serta retinoid yang bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

Namun, tentu saja ada obat jerawat yang aman untuk Anda gunakan. Di dalam obat tersebut, terkandung zat seperti azelaic acid, eritromisin, benzoyl peroxide, clindamycin, dan glycolic acid. Tingkat penyerapan zat-zat tersebut hanya sekitar 5 persen, sehingga dipercaya tidak memengaruhi janin.

Meski begitu, Moms tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dan agar lebih aman, Moms bisa menggunakan obat yang sifatnya alami, bahkan mungkin ada di dapur Anda sendiri. Apa sajakah itu? Berikut pilihannya:

1. Cuka sari apel



Untuk penggunaannya, campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air. Rendam kapas dalam larutan tersebut, lalu tepuk kapas pada wajah untuk menyerap minyak berlebih. Selain mengurangi minyak pada wajah, kandungan enzim dan asam alfa hidroksi di dalamnya akan membantu mengatasi jerawat.

2. Buah sitrus

Lemon, jeruk nipis, atau jeruk biasa mengandung zat bernama alpha hydroxy acid (AHA). Tanpa campuran apa pun, usapkan buah ke wajah Anda atau celupkan kapas ke dalam air perasan buah tersebut dan diamkan hingga kering. Kemudian bilas dengan air dingin, sehingga sel-sel kulit mati akan terbuang dan pori-pori pun akan terbuka.

3. Madu

Selain membuat wajah lebih kencang dan lembap, madu juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi jerawat. Oleskan madu ke area yang berjerawat, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Kandungan antibakteri dan antiseptik pada madu yang bekerja pun membuat wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

4. Minyak kelapa murni

Dikenal juga dengan virgin olive oil, minyak ini memiliki antibakteri dan antijamur yang bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Karena mudah diserap, minyak kelapa murni dapat mengatasi masalah wajah berjerawat saat hamil. Caranya, oleskan minyak ke wajah saat ingin tidur dan diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   jerawat,   perawatan,   wajah,   ibu hamil