Mother&Baby Indonesia
4 Penyebab Perut Terlihat Kecil saat Hamil

4 Penyebab Perut Terlihat Kecil saat Hamil

Umumnya, orang bisa memprediksi usia kehamilan dari besarnya perut seorang ibu hamil. Ya, banyak yang percaya, semakin besar perut bumil, tentu semakin besar juga usia kehamilannya. Namun ternyata itu tidak selalu terjadi pada semua wanita hamil di dunia ini lho, Moms. Ada beberapa bumil yang perutnya terlihat tetap kecil, padahal usia kehamilannya sudah memasuki trimester tiga.

Lalu, kenapa ya ukuran perut bumil berbeda-beda, padahal usia kehamilannya sama. Benarkah ukuran perut mengindikasikan ukuran janin? Apakah ukuran perut kecil berbahaya bagi kesehatan janin? Simak jawabannya di bawah ini, Moms.


Ukuran Perut Bukan Indikator

Besar-kecilnya perut tidak bisa memprediksi usia kehamilan dengan akurat. Bahkan dokter kandungan pun hanya bisa mengetahui usia pasti kandungan dengan alat bantu USG, tidak dengan mata telanjang.



Ukuran dan bentuk perut bumil tergantung beberapa faktor, seperti:

• Tinggi dan berat badan bumil,

• Kehamilan pertama atau bukan,

• Posisi bayi di dalam perut,

• Kehamilan tunggal, kembar, atau lebih.

Tidak perlu membandingkan ukuran dan bentuk perut antar wanita hamil, karena tiap orang tidak pernah sama. Ukuran dan bentuk perut bumil juga tidak mengindikasikan kesehatan ibu dan janin, jadi tidak perlu minder jika perut Anda kecil ya, Moms.


Penyebab Perut Kecil

Alasan pasti dari perut terlihat kecil saat hamil, tentunya berbeda-beda ya, Moms. Hanya dokter kandungan Anda yang dapat memastikannya. Namun, ada beberapa alasan umum mengapa perut bumil terlihat lebih kecil dibanding bumil lain, walaupun kandungan dan pertumbuhan janin Anda normal dan baik-baik saja. Beberapa alasan umum tersebut adalah:



1. Kehamilan pertama

Jika otot perut Anda belum pernah meregang sebelum hamil, maka otot perut Anda cenderung lebih berisi dan padat. Ini bisa menyebabkan perut Anda terlihat lebih kecil. Wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya juga bisa memiliki perut kecil saat hamil, biasanya jika wanita tersebut sangat atletis sebelum dan saat hamil.

2. Posisi bayi

Bayi di dalam perut Anda sering bergerak dan ganti posisi, terutama jika kehamilan Anda sudah 32 sampai 34 minggu. Beberapa posisi bayi bisa membuat perut Anda terlihat lebih kecil, namun ketika ia berganti posisi lagi, maka perut Anda bisa saja terlihat lebih besar dari perut bumil lainnya.

3. Tinggi badan ibu hamil

Wanita dengan bentuk tubuh tinggi, memiliki pinggang panjang, dan jarak panjang antara atas pinggang dengan tulang iga terbawah, punya lebih banyak ruang untuk janin tumbuh ke atas. Ini bisa membuat perut bumil terlihat lebih kecil, karena perutnya tidak terdorong ke depan.

4. Kandungan mendorong isi perut

Kandungan yang terus membesar bisa mendorong isi perut Anda ke arah atas dan bawah, Moms. Inilah yang juga bisa membuat kehamilan Anda lebih kecil, karena sedikit banyak isi perut pindah ke atas dan bawah janin. Berbeda dengan kehamilan yang tidak mendorong isi perut, yang membuat bentuk perut Anda jadi lebih bulat, penuh, dan lebih besar. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   kandungan,   berat badan,   bentuk perut,   hamil,   ibu hamil