Mother&Baby Indonesia
Ini Penyebab Hidung dan Bibir Bengkak saat Hamil

Ini Penyebab Hidung dan Bibir Bengkak saat Hamil

Saat hamil, tak hanya kaki Anda saja yang mudah bengkak, tetapi bibir dan hidung juga. Tidak perlu khawatir, karena ini sebenarnya masalah yang normal terjadi kok, Moms. Bukan cuma Anda yang mengalami pembengkakan di area mulut dan hidung, public figure sekelas Meghan Markle juga mengalami pembengkakan di area hidung selama mengandung putra pertamanya.

Walau normal terjadi, Anda pasti bertanya-tanya apa sih penyebab bengkak di bibir dan hidung bumil? Bagaimana cara mengatasinya? Nah, untuk menjawab pertanyaan para bumil, simak info penting di bawah ini, Moms.




Bengkak Sejak Trimester 1

Menurut Megan Schmitt, MD, dokter obgyn dari Methodist Hospital Family Birth, Minnesota, AS, pembengkakan pada hidung bumil sebenarnya sudah terjadi sejak awal kehamilan, karena pembuluh darah bumil membengkak untuk mengedarkan lebih banyak darah bagi ibu dan janin.

“Ini tidak hanya terjadi di perut, tapi juga di seluruh tubuh wanita hamil,” ujar Schmitt pada Romper.com. Pelebaran pembuluh darah ini juga terjadi di area pernapasan dan hidung, itulah yang membuat hidung bumil sering berair (dan merasa sedikit pilek) atau sedikit bengkak.


Tidak Bisa Dihindari

Dokter Schmitt menyebutkan kalau masalah pembengkakan hidung dan bibir ini sangat alami dan tidak bisa dihindari, namun bengkaknya akan berkurang di pertengahan trimester kedua.

Walau begitu, ada beberapa obat yang cukup aman dan bisa meredakan keluhan bumil pada area hidung dan bibirnya. Menurutnya, beberapa antihistamin yang digunakan untuk meredakan alergi juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak di hidung dan bibir.




Trimester Tiga, Masih Bengkak?

Nah, jika hidung Anda masih bengkak (atau bahkan lebih bengkak) di trimester tiga, maka itu bisa mengindikasikan bumil kekurangan air.

Tanda kurangnya cairan tubuh saat hamil memang lebih sering muncul di area kaki, itu yang membuat kaki Anda bengkak. Namun, kekurangan cairan juga bisa membuat pergelangan tangan, hidung, atau bibir bengkak saat hamil. Semakin berat masalahnya, maka bengkak pun akan semakin besar.


Waspada Tekanan Darah Tinggi

Jika bengkak terjadi mendadak dan cukup hebat, maka bumil harus waspada terjadinya tekanan darah tinggi. Ya, ini adalah pre-eklampsia, yang bisa menyebabkan banyak masalah kehamilan bagi janin dan ibu.

Untuk itu, pemeriksaan kehamilan rutin sangat penting dilakukan ya, Moms. Informasikan dokter kandungan jika Anda mengalami pembengkakan di bagian tubuh mana pun, terutama jika bengkaknya sangat hebat, mengganggu, dan terjadi tiba-tiba. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   bengkak,   hidung,   bibir,   kandungan,   pre-eklampsia