Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

Selama hamil, Moms pasti merasa lebih mudah gerah atau kepanasan. Kini tubuh Anda pun jadi lebih mudah berkeringat, tak hanya di siang hari, tetapi juga di malam hari. Duh, kalau sudah begini, Anda pasti jadi lebih sering mandi untuk mendinginkan dan menyegarkan tubuh.

Ya, mandi memang cara paling cepat untuk mengusir gerah dan membuat tubuh Anda sejuk kembali. Namun bagaimana jika ibu hamil mandi di malam hari? Apakah hal tersebut aman dilakukan? Nah, untuk menjawab masalah yang satu ini, simak beberapa info seputar bumil mandi malam di bawah ini yuk, Moms.




Bolehkah Mandi Malam?

Jika mandi yang Anda maksud adalah berendam santai di bath tub, maka jawabannya boleh saja. Namun Anda harus memperhatikan suhu air yang Anda gunakan untuk berendam, Moms.

Menurut Baby Center, berendam air hangat di malam hari boleh saja dilakukan, asalkan suhu airnya tidak terlalu panas (tidak lebih dari 39 derajat Celsius). Selain itu, penting juga untuk memerhatikan durasi berendam air hangat. Baby Center menyarankan untuk tidak berendam lebih dari 10 menit.


Bahaya Air Panas

Moms perlu tahu, mandi berendam di air yang suhunya terlalu panas bisa berbahaya untuk kehamilan Anda, lho. Beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi jika Anda berendam di air yang terlalu panas adalah:

1. Tekanan darah menurun drastis, yang menyebabkan janin kekurangan oksigen dan nutrisi. Ini juga meningkatkan risiko keguguran.

2. Kepala pusing dan tubuh melemah.



3. Janin mengalami cacat bawaan.

4. Kulit bumil kehilangan pelembap alami.

Itulah beberapa penyebab bumil dilarang sauna, steam, atau berendam di hot tub. Namun jika Anda ingin mandi air hangat, silakan saja, asalkan air mandi Anda tidak terlalu panas, beruap panas, dan durasi mandi pun tidak terlalu lama.


Mandi Malam Penyebab Rematik?

Banyak yang bilang, mandi malam membuat Anda terkena rematik atau bahkan flu tulang. Namun ternyata, belum ada penelitian yang mendukung mitos ini. Ya, mandi malam menyebabkan rematik dan flu tulang memang hanya mitos, Moms.

Pada dasarnya, mandi bisa dilakukan kapan saja, termasuk di malam hari. Namun ingat, perhatikan suhu air dan durasi mandi ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   mandi,   sauna,   mandi malam








Cover September 2019

Related Article