Mother&Baby Indonesia
7 Hal Indah di Kehamilan Trimester Kedua

7 Hal Indah di Kehamilan Trimester Kedua

Kehamilan memang memberikan berjuta rasa dan pengalaman. Walau awal kehamilan mungkin diwarnai dengan beberapa hal kurang menyenangkan (seperti mual, pusing, dan mudah lelah), namun memasuki trimester kedua kehamilan Anda akan semakin menyenangkan lho, Moms.

Ya, di trimester kedua, berbagai keluhan yang Anda rasakan di trimester satu sudah hilang. Anda bisa mengatakan “Selamat tinggal” untuk morning sickness yang membuat Anda kehilangan nafsu makan.

Kini kehamilan Anda sudah memasuki trimester kedua, begitu banyak hal indah yang tengah menanti Anda. Apa saja hal ini yang akan segera Anda rasakan di trimester kedua ini? Mengutip buku Hamil Tanpa Galau persembahan Teman Bumil, ini jawabannya.




1. Kehamilan Semakin Terlihat

Si Kecil dalam perut sudah semakin besar! Kini tanpa perlu memberi tahu orang lain, semua orang di sekitar Anda sudah menyadari kehamilan Anda. Waktu bercermin pun semakin menyenangkan, karena tubuh Anda terlihat semakin menarik dan berbeda dari biasanya, ya… body positivity!


2. Perhatian Lebih dari Orang Sekitar

Sudah bukan rahasia lagi, semua orang di sekitar Anda akan memberikan perhatian ekstra pada Anda. Jangan heran juga kalau mendadak Anda mendapatkan berbagai kemudahan, seperti memotong antrean (tanpa mendapat tatapan nyinyir) dan mendapat kursi prioritas di transportasi umum atau tempat umum lainnya.


3. Merasakan Gerakan Janin

Inilah trimester yang sangat meningkatkan bonding Anda dengan Si Kecil di dalam perut. Bonding itu dimulai dengan gerakan janin, jangan kaget kalau ia mulai menendang dan berputar-putar riang di dalam perut Anda ya, Moms. 




4. Lebih Bergairah

Aliran darah bumil jauh lebih deras dari sebelumnya, ya, karena darah itu bertugas menghidupi Anda dan Si Kecil di dalam perut. Aliran darah itu juga mengalir deras ke area vagina, sehingga Anda akan merasa lebih bergairah di trimester kedua ini. Seks pun terasa lebih menyenangkan lho, Moms! Jangan takut, seks di trimester kedua aman dilakukan dengan posisi yang tepat, kok.


5. Bayi Sudah Bisa Mendengar Suara

Di trimester kedua, janin sudah bisa mendengar dengan baik, Moms. Tak hanya suara denyut jantung Anda saja yang bisa ia dengar, ia bahkan bisa mendengar bisikan, Moms. Manfaatkan kemajuan ini dengan mengajak anak ngobrol, membacakan buku, atau bahkan memperdengarkan musik klasik (yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasannya juga).


6. Bisa Melihat Senyum Si Kecil

Ketika Moms melakukan USG 4 dimensi, Moms tak hanya bisa melihat tubuh dan wajahnya saja, tetapi juga ekspresi dan senyum manis Si Kecil. Ya, di trimester kedua ini janin sudah bisa tersenyum, menangis, dan melakukan berbagai ekspresi lainnya.


7. Waktunya Babymoon!

Inilah waktu yang paling tepat, aman, dan nyaman untuk melakukan babymoon berdua dengan pasangan. Nikmatilah waktu-waktu romantis berdua pasangan, sebelum Si Kecil hadir beberapa bulan lagi dan meminta semua perhatian Anda. Selamat menjalankan kehamilan bahagia, Moms! (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   hamil,   trimester kedua