Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 14 Agustus 2019 / Redaksi

Cara Ampuh Menikmati Tahap Akhir Kehamilan Anda

Pertumbuhan bayi melonjak dengan cepat saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Tak heran jika hal ini membuat Moms merasa kelelahan menjalani tahap akhir kehamilan Anda tersebut. Menurut Profesor Greg Whyte, penulis buku Bump It Up asal Inggris, trimester ketiga memang merupakan fase paling sulit, di mana mungkin Anda merasa janin menguasai tubuh Anda.

Nah, agar tetap bisa menikmati tahap akhir kehamilan sekaligus meningkatkan energi Anda, Moms bisa melakukan beberapa hal berikut:




1. Tetap Bergerak

Untuk mencegah kaki yang membengkak akibat adanya retensi cairan, Moms harus tetap bergerak demi meningkatkan sistem sirkulasi pada tubuh Anda. Greg menyarankan untuk tidak duduk terlalu lama dan rajin berjalan kaki. Bila Anda bekerja di kantor, Anda bisa menekuk dan meregangkan kaki 30 kali pada masing-masing kaki. Lalu putar masing-masing pergelangan kaki Anda sebanyak 8 kali searah jarum jam dan sebaliknya.


2. Latihan Ringan

Memasuki trimester ketiga, sebaiknya Anda melakukan latihan ringan selama 30 menit. Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perempuan bisa mendapat hormon endorfin yang tinggi setelah melakukan latihan selama 10 menit. Menurut Greg, Moms bisa membagi waktu latihan per 10 menit dengan tetap mendapatkan kualitas energi yang sama.


3. Berjemur

Vitamin D dapat meningkatkan produksi hormon dopamin yang bisa berpengaruh pada konsentrasi dan motivasi Anda. Moms bisa mendapatkan vitamin D lewat paparan cahaya alami atau berjemur. Dalam waktu 10 menit, Anda sudah mendapat efek yang baik dari aktivitas ini.


4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Untuk meningkatkan energi dan memastikan Anda terhidrasi, Moms disarankan untuk minum air sebanyak 1,6 liter per hari. Untuk memeriksa apakah Anda terhidrasi dengan baik, Moms bisa melihat warna urine Anda setiap kali buang air kecil. Bila warna urine Anda kuning atau lebih gelap dari itu, Anda bisa dikatakan mengalami dehidrasi. Karena itu, perbanyaklah minum air putih.




5. Pijatan Lembut

Pada trimester ketiga, mungkin Moms sering mengeluh sakit pada bagian punggung bawah dikarenakan Anda mengandung bayi yang semakin bertambah beratnya. Saat pagi hari, ketika otot Anda masih dalam keadaan cukup istirahat, minta pasangan untuk memijat lembut bagian bawah punggung Anda dan bagian atas bokong, atau antara sisi tulang belakang Anda.

Hal ini akan membuat Moms merasa nyaman untuk memulai hari. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pijatan yang lembut dapat menghasilkan hormon serotonin yang membuat Moms senang. Greg juga mengungkapkan bahwa pijatan adalah cara yang tepat untuk merelaksasi mental Anda.


6. Yoga

Balancing table pose merupakan salah satu gerakan yoga sederhana yang secara instan dapat meningkatkan energi Anda. Posisikan tubuh Anda dalam keadaan merangkak, kemudian arahkan kaki kanan Anda ke belakang, dan lengan kiri ke depan. Lalu lakukan pada sisi kaki dan tangan lainnya.


Apalagi cara lainnya agar Anda tetap bisa menikmati tahap akhir kehamilan sekaligus meningkatkan energi? Moms bisa baca penjelasannya lebih lengkap di Majalah Mother&Baby edisi Agustus 2019. Jangan sampai ketinggalan ya, Moms! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Selain Makanan, Ini Penyebab Kenaikan Berat Badan Bumil

Pemeriksaan yang Perlu Dilakukan di Awal Kehamilan Anda

Ini Aturan buat Bumil yang Ingin Makan Daging Kambing

OTHER ARTICLES

7 Jurus Ampuh Anti Mengompol untuk Balita Anda

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Berenergi?

Tahu Lebih Banyak Soal Sariawan pada Bayi

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Tips Berkendara Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil