Mother&Baby Indonesia
Hypnobirthing Bantu Lancarkan ASI Ibu Baru

Hypnobirthing Bantu Lancarkan ASI Ibu Baru

Semua ibu tentu akan berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya. Bukti cinta tersebut diwujudkan dengan memberikan ASI, khususnya di 6 bulan pertama kehidupan Si Kecil. Perjalanan memberikan ASI untuk anak mungkin tidak selalu mulus, namun itu tak akan menyurutkan semangat para ibu menyusui untuk sukses memberikan ASI eksklusif untuk buah hati.

Berbagai cara dilakukan demi kelancaran ASI. Namun perlu Moms ketahui, usaha melancarkan ASI akan lebih maksimal hasilnya jika dilakukan sejak masa kehamilan lho, Moms. Salah satu caranya adalah dengan memelajari hypnobirthing, yang bisa Anda lakukan sejak awal kehamilan.


Mengenal Hypnobirthing

Menurut Bidan Lanny Kuswandi, CHt, CI, seorang Midwives, Doula, dan Founder Hypnobirthing Indonesia, hypnobirthing berasal dari bahasa Yunani, Hypnos, yaitu nama dewa tidur. Jadi dari situ, ibu hamil akan berlatih teknik relaksasi agar lebih tenang dan bebas cemas selama mengandung hingga melahirkan.



Tujuan utama hypnobirthing adalah untuk memberikan relaksasi dan afirmasi positif, sehingga kehamilan dan persalinan lebih nyaman dan tentunya tenang. Tidak hanya ibu, anak di dalam kandungan juga lebih tenang, sehingga saat lahir nanti, ia akan menjadi bayi yang tenang dan tidak mudah rewel.


Melancarkan ASI

Hypnobirthing melatih bumil dan janin untuk lebih tenang, sehingga saat melahirkan dan setelahnya, ibu dan anak pun menjadi lebih tenang dan tidak mudah stres. Hati yang tenang dan bahagia, tentu saja menjadi ‘obat’ mujarab untuk melancarkan ASI.



“Tubuh kita punya sistem yang luar biasa. Kalau kita tenang, otomatis hormon endorfin keluar. Dengan endorfin-lah kita akan mengatasi rasa nyeri dan sakit. Bila kita cemas dan takut, yang keluar justru hormon kortisol sehingga hormon endorfin semakin terhalangi,” jelas Bidan Lanny.


Coba Hypnobreastfeeding, Yuk!

Setelah sukses melakukan hypnobirthing, upaya lain yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya masalah ASI adalah dengan melakukan hypnobreastfeeding.

“Persiapan menyusui mencakup 3 hal, yaitu fisik, pikiran, dan jiwa. Semua itu tidak bisa dipisahkan. Karenanya, mind set Anda berperan besar dalam proses menyusui. Jika Anda sudah pesimis dan merasa tidak mampu memberikan ASI untuk Si Kecil, jumlah ASI Anda pun akan terpengaruh. Hypnobreastfeeding sangat membantu ibu menyusui untuk memberikan sugesti positif bahwa ia mampu menyusui Si Kecil dengan baik," jelas Fonda Kuswandi, S.Psi, konselor laktasi sekaligus clinical hypnotherapist. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hypnobirthing,   hypnobreastfeeding,   melahirkan,   menyusui,