Mother&Baby Indonesia
Tips Melancarkan ASI dengan Pijat Oksitosin

Tips Melancarkan ASI dengan Pijat Oksitosin

ASI merupakan asupan gizi terbaik untuk Si Kecil. Maksimalkan produksi ASI Anda dengan melakukan pijat oksitosin yang dapat dipelajari dengan mengikuti langkah berikut ini, Moms.


Apa itu Pijat Oksitosin?

Pijat oksitosin merupakan pijatan yang dilakukan di daerah sepanjang tulang belakang untuk memperlancar pengeluaran air susu ibu (ASI). Pijat oksitosin bisa dikerjakan di rumah karena sangat mudah dilakukan. Tetapi pijatan ini tidak bisa dilakukan sendiri.



Moms bisa meminta pasangan untuk membantu melakukan pijat pada punggung Anda. Yuk, pelajari caranya berikut ini Moms!


Langkah-Langkah Melakukan Pijat Oksitosin

1. Duduk senyaman mungkin di kursi. Gunakan meja sebagai tempat bertumpu. Lipat kedua tangan di atas meja dan taruh kepala di atas tangan. Posisikan tubuh senyaman mungkin. Moms juga bisa duduk sambil memeluk bantal agar lebih rileks.


2. Selain menggunakan meja, Moms juga bisa melakukan posisi alternatif dengan duduk bersandar menghadap punggung kursi. Lipat kedua tangan di atas punggung kursi dan posisikan kepala di atasnya.


3. Lakukan pijatan memakai kedua tangan dengan posisi menunjuk ke depan. Pijatlah dengan cara menekan ibu jari agak kuat sambil membuat gerakan berupa lingkaran-lingkaran kecil.




4. Pijat sepanjang sisi tulang belakang ke arah bawah sampai sebatas garis bra. Pijat dari leher belakang sampai ke tulang belikat. Lakukan gerakan pijat selama 3-5 menit.


Tips Melakukan Pijat Oksitosin

• Karena pijat tidak bisa dilakukan seorang diri, sebaiknya ajak pasangan Anda untuk memijat Anda. Hal ini baik untuk meningkatkan mood Anda dan pasangan.

• Gerakan pijat sebaiknya dilakukan skin to skin. Jadi, Moms tidak perlu menggunakan bra saat melakukan pijat ini.

• Gunakan minyak zaitun atau minyak esensial agar pijatan mudah dilakukan dan memberikan efek yang baik bagi tubuh Anda.

Moms juga bisa lihat tutorial melakukan pijat oksitosin untuk melancarkan ASI di Youtube Mother & Baby Indonesia berikut ini. Jangan lupa untuk klik like dan subscribe ya, Moms.


(M&B/SW/Dok. M&B)



Tags: asi,   air susu ibu,   produksi asi ibu menyusui,   pijat,   pijat oksitosin