Mother&Baby Indonesia
Memaksimalkan Pemberian ASI dengan Alat Penunjang

Memaksimalkan Pemberian ASI dengan Alat Penunjang

Moms tentu sudah tahu bahwa ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan terbaik bagi Si Kecil. Hebatnya lagi, manfaat pemberian ASI akan dirasakan bayi hingga ia tumbuh besar.

Kandungan ASI terdiri dari perpaduan sempurna lemak, protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi. Berbagai zat yang terkandung dalam ASI tersebut juga lebih mudah dicerna dan diserap, dibandingkan susu formula atau susu sapi. Oleh karena itu, ASI dipercaya menjadi sumber nutrisi utama bagi bayi.




Komposisi ASI

ASI mengandung air sebanyak 87,5 persen. Oleh sebab itu, bayi yang mendapat cukup asupan ASI tidak perlu lagi mendapat tambahan air walau tengah berada di tempat dengan cuaca panas. Kekentalan ASI juga sesuai dengan saluran cerna bayi, berbeda dengan susu formula yang lebih kental dan kerap menyebabkan terjadinya diare pada bayi.


Kandungan ASI

1. Karbohidrat

Laktosa adalah karbohidrat utama dalam ASI dan berfungsi sebagai salah satu sumber energi untuk otak. Kadar laktosa yang terdapat dalam ASI, hampir dua kali lipat dibanding laktosa yang ditemukan pada susu bayi atau susu formula. Meski memiliki kadar laktosa yang tinggi, ASI tidak mengakibatkan diare karena mudah diserap tubuh.

2. Protein

Kandungan protein dalam ASI juga cukup tinggi dan komposisinya berbeda dengan protein yang terdapat dalam susu sapi. Protein dalam ASI lebih banyak terdiri dari protein whey yang mudah diserap susu bayi. Selain itu, protein dalam ASI tidak mengandung beta laktoglobulin yang kerap menyebabkan alergi pada bayi. Last but not least, ASI juga kaya akan nukleotida (kelompok berbagai jenis senyawa organik yang tersusun dari 3 jenis, yaitu basa nitrogen, karbohidrat, dan fosfat).

3. Lemak

Kadar lemak omega 3 dan omega 6 dalam ASI lebih tinggi dibandingkan susu sapi atau susu formula. Kadar lemak yang tinggi ini dibutuhkan guna mendukung pertumbuhan otak bayi. Selain itu ASI juga mengandung banyak asam lemak rantai panjang, di antaranya asam dokosaheksanoik (DHA) dan asam arakidonat (ARA) yang berperan terhadap perkembangan jaringan saraf serta retina mata.

4. Karnitin

Karnitin berperan dalam membantu proses pembentukan energi yang diperlukan untuk mempertahankan metabolisme tubuh. ASI mengandung kadar karnitin yang tinggi, terutama pada 3 minggu pertama menyusui.



5. Vitamin

Dalam ASI, terkandung berbagai jenis vitamin mulai dari vitamin K, D, E, A, dan hampir semua vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B, asam folat, serta vitamin C.

6. Mineral

Mineral dalam ASI memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih mudah diserap, dibandingkan dengan mineral yang terdapat dalam susu sapi.


Perlengkapan Penunjang

Pemberian ASI secara optimal akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang Si Kecil. Sebagian Moms tidak memiliki masalah dalam memberikan ASI secara langsung kepada bayinya. Akan tetapi, tak sedikit yang harus menghadapi tantangan tertentu kala memberikan 'cairan ajaib' ini kepada buah hatinya, salah satunya adalah ibu bekerja.

Moms yang bekerja tentunya tak bisa sepanjang hari menyusui Si Kecil. Mereka harus menyediakan stok ASIP (ASI perah) bagi sang bayi selama ditinggal bekerja. Dengan kata lain, ibu bekerja harus rajin memerah ASI mereka. Selain itu, ibu yang produksi ASI-nya berlebih, tengah sakit, atau akan bepergian juga perlu menyetok ASIP.

Memerah ASI dengan tangan, tentunya cukup menguras tenaga. Namun jangan khawatir Moms, karena kini ada Pompa ASI Listrik Single Comfort SCF332 yang diproduksi oleh Philips Avent.


Anda tentu sudah mengenal brand Philips Avent sebagai produsen perlengkapan bayi dan menyusui berkualitas. Kini Philips Avent hadir dengan inovasi Pompa ASI Listrik Single Comfort yang punya desain unik sehingga ASI mengalir langsung dari payudara ke botol, walau Anda dalam posisi berdiri tegak.

Bukan hanya itu saja kelebihan breast pump ini. Pompa ASI Listrik Single Comfort juga memiliki mode rangsangan lembut dan 3 setelan memompa, bantalan pijat lembut yang terasa hangat dan nyaman di kulit sehingga merangsang ASI untuk lebih mudah keluar, plus desain ringan serta ringkas dan dayanya bisa diisi menggunakan baterai. Pompa ASI Listrik Single Comfort bisa menjadi pilihan Moms karena versi barunya sudah dilengkapi dengan silent motor sehingga lebih senyap saat digunakan. Jadi Moms tak perlu khawatir suaranya akan mengganggu tidur Si Kecil ketika harus pumping tengah malam atau saat anak terlelap. So, pilih produk penunjang terbaik agar Moms bisa maksimal memberikan ASI kepada Si Kecil. Selamat mengASIhi, Moms! (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, Philips Avent)



Tags: asi,   air susu ibu,   pompa asi,   breast pump,   philips avent