Mother&Baby Indonesia
SPEKIX 2019, Ajang Unjuk Gigi Anak Berkebutuhan Khusus

SPEKIX 2019, Ajang Unjuk Gigi Anak Berkebutuhan Khusus

Kita mungkin sering mendengar tentang anak berkebutuhan khusus (ABK) di berbagai media di internet. Namun, sesungguhnya belum banyak masyarakat yang bisa mengakses informasi soal ini secara menyeluruh. Padahal, pengetahuan seputar hal ini sangat dibutuhkan untuk membantu ABK memperoleh penanganan yang tepat.

Guna menjawab dan mengatasi masalah tersebut, Yayasan Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) bekerja sama dengan Zally Zarras Learning Center (ZZLC) menyelenggarakan event Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 dengan tema “Beauty in Ability”.




SPEKIX sendiri diadakan selama dua hari, 24-25 Agustus 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Acara ini menjadi wadah yang komprehensif untuk memberikan informasi seputar autisme dan penanganan yang tepat, serta memberikan support bagi generasi muda berkebutuhan khusus agar memiliki semangat dan menampilkan karya yang luar biasa.


Ajang Unjuk Gigi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Dan, SPEKIX 2019 memang menjadi ajang unjuk gigi anak-anak berkebutuhan khusus. Di event ini, mereka menunjukkan keahliannya, seperti bermain alat musik. Ada juga bazaar yang memamerkan hasil karya seni dan makanan kreasi anak berkebutuhan khusus.


SPEKIX 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 130 booth dari seluruh Indonesia berisikan berbagai informasi, misalnya tentang sekolah, terapi, dan hasil karya anak. Kita juga bisa memperoleh informasi seputar pendidikan dan kesehatan bagi anak berkebutuhan khusus, juga kemungkinan karier yang dapat dijajaki nanti.




Selain itu, digelar pula sejumlah talk show bersama para pakar yang menangani anak berkebutuhan khusus, salah satunya bertema "What is Special Kids?" dengan pembicara dokter spesialis Tjhin Wiguna, terapis Ama Noersatryo, dan aktris Dian Sastrowardoyo.


Gayatri Pamoedji, Ketua MPATI, menjelaskan bahwa SPEKIX bisa menjadi wadah yang memberikan informasi seputar autisme secara komprehensif sekaligus memamerkan hasil karya luar biasa anak berkebutuhan khusus.

Selain itu, di sini kita juga bisa berkenalan dengan para orang tua yang anak-anaknya sudah sukses, para dokter yang sudah puluhan tahun menangani anak-anak berkebutuhan khusus, serta mendengar cerita tentang pengalaman mereka -para orang tua dan dokter- selama menangani anak-anak berkebutuhan khusus.


Kehadiran SPEKIX 2019 diharapkan dapat membantu anak berkebutuhan khusus mendapatkan kesempatan yang sama dengan anak lainnya dalam hal pendidikan serta menjadi mandiri. (M&B/SW/Dok. M&B)



Tags: anak berkebutuhan khusus,   autisme,   spekix 2019,   special kids expo