Home - Keluarga - Mums Know Best / 9 Agustus 2019 / Redaksi

5 Aktivitas Keluarga untuk Menyelamatkan Bumi

Semakin hari, bumi semakin renta! Terlebih, Jakarta kini ditetapkan sebagai kota dengan tingkat polusi paling tinggi di dunia. Jangan tunggu orang lain untuk menyelamatkan bumi, karena itu semua bisa dimulai dari diri kita sendiri.

Sangat penting juga untuk mengajarkan Si Kecil sikap peduli lingkungan sejak dini. Tidak perlu muluk-muluk mengajak anak menjadi aktivis lingkungan, karena aktivitas sesederhana menjaga kebersihan lingkungan saja sudah cukup. 

Nah, cara termudah untuk menumbuhkan sikap cinta lingkungan pada anak adalah dengan melakukan aktivitas seru bersama keluarga. Apa saja ya contoh aktivitasnya? Simak contohnya di bawah ini yuk, Moms.




1. Berkebun

Menanam sayuran atau berbagai bahan makanan di rumah adalah cara termudah menumbuhkan sikap cinta lingkungan pada anak. Anak bisa memantau sendiri pertumbuhan sayuran yang ia tanam, menyirami, dan memberikan pupuk. Ini juga cara yang tepat agar anak picky eater mau makan sayuran atau buah, karena ia sendiri yang menanam dan memanennya.


2. Bye Bye, Plastic!

Ajarkan Si Kecil kalau memakai kemasan plastik sekali pakai sudah tidak keren lagi! Plastik-plastik itu hanya akan berakhir mengotori lautan luas dan menyiksa seluruh penghuninya. Maka, biasakan anak untuk selalu menggunakan alat makan dan sedotan yang tidak sekali pakai. Less waste is the new trend!




3. Menikmati Car Free Day

Berolahraga atau sekadar jalan santai sambil menghirup udara segar? Car free day jawabannya! Dengan rutin mengajak Si Kecil ke Car free day, ia akan merasakan sendiri indahnya bernapas tanpa diselimuti polusi. Dengan begitu, anak akan tumbuh sebagai sosok yang gemar menjaga lingkungan dari polusi dengan menerapkan sikap-sikap yang tidak menambah polusi.


4. Berkreasi dengan Bahan Bekas

Ajak anak Anda untuk menghasilkan karya seni menggunakan bahan bekas. Selain menyenangkan dan baik untuk mengasah kreativitas anak, cara ini juga mengajarkan anak untuk cermat memilah dan mendaur ulang sampah. Namun jika anak Anda masih terlalu kecil, pastikan aktivitas yang diberikan untuknya cukup aman dan dalam pantauan orang tua ya, Moms.


5. Jalan Santai di Alam Bebas

Tak kenal, maka tak sayang. Peribahasa tersebut sangat tepat diterapkan untuk menumbuhkan sikap mencintai alam pada anak. Jika anak tak pernah menikmati alam terbuka nan indah, mungkin akan lebih sulit baginya untuk mencintai alam. Maka, ajak Si Kecil jalan santai di pegunungan sambil menikmati matahari terbit, atau mungkin jalan-jalan ke pantai untuk menikmati matahari terbenam.

Selain menyenangkan, cara ini juga efektif membuat anak jatuh cinta pada alam dan tumbuh menjadi sosok yang selalu menjaga alam dan isinya. Mudah kan, Moms? (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Mau ‘Mengorbitkan’ Anak? Cek Aturan Mainnya, Moms!

Antisipasi Listrik Blackout, Ini yang Harus Disiapkan

Tips Menyusui dengan Bahagia ala Franda

OTHER ARTICLES

7 Jurus Ampuh Anti Mengompol untuk Balita Anda

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Minuman Berenergi?

Tahu Lebih Banyak Soal Sariawan pada Bayi

Mengajak Pendidikan Indonesia untuk Berpihak pada Anak

Tips Berkendara Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil