Mother&Baby Indonesia
Tips Menyusui dengan Bahagia ala Franda

Tips Menyusui dengan Bahagia ala Franda

Bagi Franda, masa-masa menyusui putrinya memang tidak selalu lancar, namun selalu ada cara untuk mengatasinya, sehingga menyusui lebih nyaman, tanpa kendala, dan penuh kebahagiaan.

Penting dan banyak manfaatnya! Itulah alasan utama Franda dalam memberikan ASI untuk putri tercintanya, Vechia, yang kini berusia 14 bulan. VJ, MC, model, sekaligus istri dari aktor Samuel Zylgwyn ini pun mengaku perjalanannya memberikan ASI tidak selalu lancar. Walau bukan masalah yang berarti, namun ia sempat mengalami beberapa kendala dalam menyusui.

Apakah masalah tersebut membuatnya trauma atau bahkan menyerah dalam memberikan ASI untuk Vechia? Tentu tidak dong, Moms! Menurut Franda, masa menyusui begitu membahagiakan dan banyak manfaatnya, maka tak ada halangan apa pun yang bisa membuatnya berhenti menyusui Vechia. Wah, hebat! Mau tahu rahasia Franda sukses memberikan ASI dan caranya mengatasi masalah menyusui? Simak wawancara eksklusif M&B dengan Franda berikut ini yuk, Moms.




M&B: Ceritakan pengalaman pertama menyusui Vechia

Franda: Sejak Vechia baru lahir, saya dibantu tim dokter langsung menerapkan IMD atau Inisiasi Menyusui Dini. Vechia yang baru lahir langsung diletakkan di dada saya, dan Puji Tuhan, ia bisa langsung mencari payudara saya dan mengisap ASI. Inilah momen pertama saya menyusui Vechia. Rasanya? Jangan ditanya, karena saat itu sungguh mengagumkan! Tidak pernah terbayang sebelumnya, bayi yang baru lahir ternyata sudah memiliki naluri untuk memenuhi kebutuhannya akan ASI. Ia juga sudah langsung menguasai refleks mengisap ASI langsung dari puting ibu.

Saya juga merasa sangat beruntung, karena ASI saya langsung keluar. Sebelumnya saya pernah mendengar kisah di mana sang ibu harus berjuang keras agar ASI-nya segera keluar, dan sejujurnya saya khawatir kisah ini akan terjadi juga pada saya. Namun optimisme saya berbuah baik, ternyata ASI saya langsung bisa diberikan untuk Vechia, ia pun langsung bisa mengisap ASI. Saya sampai speechless melihatnya. Ini sungguh pengalaman paling mengagumkan yang pernah saya alami.


M&B: Seberapa penting ASI menurut Franda?

Franda: Wah, penting banget, karena ASI dan segala proses menyusui tidak hanya memberikan banyak manfaat untuk anak, tetapi juga untuk saya. Bicara mengenai kandungan dalam ASI untuk bayi, sudah tidak perlu diragukan lagi kalau itu yang terbaik. Kandungan nutrisi dalam ASI sudah pasti yang terbaik untuk Vechia, terutama di enam bulan pertamanya, maka bagi saya tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan ASI eksklusif.

Selain kandungan nutrisi ASI, proses menyusui seperti mendekap bayi, tatap mata, perlekatan, itu semua juga memberikan banyak manfaat. Menurut saya, proses menyusui menciptakan bonding antara saya dan Vechia, yang membuat hubungan kami semakin erat.


M&B: Pernah ada kendala menyusui?



Franda: Sama seperti ibu menyusui lainnya, saya pun pernah mengalami kendala dalam memberikan ASI untuk Vechia. Kendala ini saya alami di awal-awal masa menyusui, yaitu puting lecet sampai rasanya sangat perih. Aduh, saat itu sempat takut kalau mau menyusui Vechia, karena terbayang sudah perihnya. Kalau ditanya cara mengatasinya, yang saya lakukan saat itu adalah: stay strong! Karena sebenarnya puting lecet itu bukan perihnya saja yang jadi masalah, tetapi juga mental yang drop. Dengan menguatkan mental, mengingat kembali apa tujuan kita menyusui Si Kecil, semangat menyusui kembali membara dan sakit karena puting lecet itu tidak menjadi kendala lagi.


M&B: Saat menyusui, pentingkah memenuhi kebutuhan gizi ibu dan anak?

Franda: Menurutku, gizi untuk ibu dan anak sangat penting dan harus diutamakan, karena saya dan suami sangat peduli dengan tumbuh kembang Vechia, terutama di 1.000 hari pertama kehidupan (HPK). Di masa tersebut fisik dan kecerdasan anak sedang berkembang pesat, maka saya ingin mengoptimalkan masa itu dengan memberikan segala nutrisi terbaik untuk Vechia. Kalau sekarang Vechia sudah 14 bulan, jadi sudah lebih mudah memberikan nutrisi secara langsung. Dulu waktu masih ASI eksklusif, saya yang harus cermat mengonsumsi segala makanan bergizi dan suplemen yang membantu mengoptimalkan kualitas dan kuantitas ASI saya.


M&B: Apakah nutrisi saat hamil dan menyusui cukup dari makanan saja?

Franda: Saat hamil dan menyusui, saya kebetulan tidak punya pantangan makanan. Semuanya saya makan, terutama yang dokter bilang baik untuk kehamilan. Namun saya sadar, makanan bergizi saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saya dan Vechia, karena kadar nutrisi pada makanan yang sudah dimasak pasti sedikit banyak sudah terbuang.


M&B: Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisinya?

Franda: Saat hamil, saya selalu happy karena saya enggak khawatir dengan masalah nutrisi. Saya percaya dengan Blackmores, brand nomor 1 di Australia yang menyediakan nutrisi terbaik dari alam. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung 17 nutrisi esensial, DHA, asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin juga mineral lainnya, membantu memenuhi nutrisi saya dan buah hati saya, selama kehamilan hingga menyusui. For amazing mom and baby, I’m sure with Blackmores. (M&B/Tiffany/ND/SW/Dok. M&B)



Tags: ibu menyusui,   anak,   bayi,   menyusui anak,   tantangan menyusui,   franda,   blackmores








Cover September 2019

Related Article