Mother&Baby Indonesia
Sayur dan Buah Ini Tak Boleh Masuk Kulkas Lho, Moms!

Sayur dan Buah Ini Tak Boleh Masuk Kulkas Lho, Moms!

Saat Moms membeli sayur dan buah-buahan, biasanya Anda akan langsung memasukkan ke dalam lemari es guna menjaga kesegarannya. Untuk sebagian jenis buah dan sayur, trik ini memang terbukti jitu.

Suhu dingin lemari es memang bisa memperpanjang usia buah atau sayuran tertentu, seperti aprikot, raspberi, wortel, dan asparagus. Akan tetapi, ada juga sayuran dan buah yang akan lebih cepat mengalami perubahan rasa atau berjamur apabila disimpan lama di dalam kulkas, Moms.

Mau tahu sayur dan buah apa sajakah yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas? Yuk, simak daftarnya berikut ini.




1. Tomat

Menyimpan tomat di dalam kulkas hanya akan membuat tomat kisut sehingga tidak lagi baik jika dikonsumsi sebagai makanan segar. Suhu yang dingin juga akan membuat rasa tomat menjadi hambar. Sebaiknya, simpan tomat di meja dapur kering yang terlindung dari paparan langsung sinar matahari.


2. Kemangi

Terlalu lama di kulkas akan membuat kemangi cepat layu. Jadi letakkan saja kemangi di dalam wadah berisi air. Perlu diketahui, daun-daunan seperti kemangi bakal menyerap aroma makanan lain yang berada di dalam kulkas. Alhasil, aroma asli kemangi akan hilang.


3. Kentang dan Ubi

Menyimpan kentang di kulkas akan mengonversi zat pati menjadi gula lebih cepat sehingga memengaruhi rasa dan tekstur. Ya, rasa kentang dan ubi akan menjadi lebih manis menyengat, sedangkan teksturnya yang lembut bakal berubah menjadi kasar serta keras. Hindari pula menyimpan kentang dan ubi di dalam kantong plastik yang kedap udara karena bisa cepat busuk. Moms disarankan untuk membungkus kentang dengan kertas, lalu langsung taruh di dalam laci meja dapur.


4. Bawang

Menyimpan bawang di kulkas akan merusak lapisan yang melindungi permukaannya. Khusus bawang bombai akan berubah menjadi lembek, kusam, dan cepat berjamur karena terpengaruh kelembapan di dalam kulkas. Sebaiknya, simpan bawang di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik. Bawang Anda akan tetap renyah dan memiliki aroma khas.




5. Alpukat

Apabila Anda membeli alpukat yang masih keras, jangan disimpan di kulkas karena hanya akan memperlambat proses pematangan.


6. Kacang-kacangan

Sebaiknya kacang-kacangan mentah seperti kacang tanah, kacang almond, mete, dan kacang hijau tidak masuk ke dalam kulkas. Pasalnya, kacang yang disimpan di kulkas bisa mengurangi rasa gurih khas kacang. Selain itu kulit kacang juga bisa menyerap bau-bauan dari bahan makanan lain yang berada di dalam kulkas Anda.

Jadi untuk menyimpan kacang-kacangan, Anda cukup memasukkannya ke dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang kering serta jauh dari paparan sinar matahari langsung. Namun jika Anda memang ingin menyimpannya untuk jangan waktu yang lama, kira-kira setahun, Anda bisa simpan dalam wadah tertutup dan ditaruh di dalam freezer.


7. Pisang 

Pisang juga sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena tindakan ini akan membuat kulitnya lebih cepat menghitam.


8. Semangka dan Melon

Kedua jenis buah ini memang paling segar apabila disantap dalam keadaan dingin. Akan tetapi, buah semangka, melon, dan blewah bisa kehilangan rasa dan kandungan antioksidannya di dalam kulkas. Apabila Anda memilih untuk tetap disimpan di dalam kulkas, sebaiknya tidak dibiarkan dalam kurun waktu yang lama. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: sayur,   buah,   lemari es,   tomat,   kemangi,   ubi,   kentang,   semangka,   melon