Mother&Baby Indonesia
Ini Khasiat Buah-Buahan Tropis untuk Anda, Moms

Ini Khasiat Buah-Buahan Tropis untuk Anda, Moms

Berbahagialah kita yang tinggal di negara tropis, Moms! Sebab banyak sekali buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan hanya tumbuh di negara beriklim sedang seperti Indonesia. Apa saja buah-buahan tropis yang kaya akan nutrisi tersebut? Berikut di antaranya:


Pepaya

pepaya



Pepaya kaya akan vitamin A dan C. setengah potong pepaya (140 gram) mampu memenuhi 150 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Pepaya mempunyai enzim yang bernama papain, yaitu enzim yang mampu menembus serat-serat daging. Inilah alasan mengapa pepaya baik untuk pencernaan, terutama bagi penderita konstipasi.


Delima

delima

Delima merupakan salah satu buah super yang mengandung banyak sekali antioksidan dan serat. Delima juga dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit ginjal dan kanker. Buah super ini pun mampu memperlancar aliran darah dari dan ke jantung.


Markisa

markisa

Markisa merupakan buah yang kaya akan vitamin A, C, dan potasium. Beberapa ahli kesehatan percaya bahwa markisa mampu membunuh sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Buah ini juga mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai cadangan energi.


Belimbing

belimbing

Belimbing mengandung protein, kalsium, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Belimbing dipercaya mampu mengurangi tekanan darah dan membunuh sel kanker. Belimbing mengandung enzim pektin yang mampu mengikat kolesterol dalam usus, sehingga buah ini dijadikan salah satu alternatif penyembuh bagi penderita kolesterol. Tetapi belimbing tidak dianjurkan untuk penderita ginjal karena mengandung zat yang dapat membentuk batu ginjal.




Pisang

pisang

Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang dapat memberi makan bakteri baik untuk usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu, terdapat juga pektin dan pati resistan yang berfungsi menyeimbangkan kadar gula darah. Selain itu, nafsu makan juga lebih terjaga sebab pisang dapat memperlambat proses pengosongan perut. Namun bagi penderita diabetes melitus, Anda sebaiknya menghindari konsumsi pisang yang matang.


Mangga

mangga

Mangga sangat baik dikonsumsi karena membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Kandungan alpha hydroxy acid atau AHA merupakan eksfoliator kimia alami yang baik dan dapat menghilangkan kulit kusam serta kering, sehingga membuat kulit lebih segar dan sehat. Vitamin A dan C di dalamnya juga membantu menjaga sistem imun dan menghasilkan protein kolagen, yang membantu membangun jaringan ikat tubuh.


Jeruk

jeruk

Jeruk tak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga mengandung omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Vitamin E di dalamnya juga membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak sejak dini. Adanya kandungan folat yang berperan dalam pembentukan serotonin dalam jeruk, juga membuat mood Anda bisa selalu happy setiap hari.


Nanas

nanas

Nanas juga menjadi pilihan obat alami lho, Moms! Kandungan enzim bromelain dan vitamin C dalam nanas dapat mengurangi masalah pembengkakan. Penyakit yang berkaitan dengan pernapasan seperti sinus, batuk, pilek, hingga peradangan, juga bisa teratasi. Enzim bromelain tersebut juga dipercaya bisa mengurangi arthritis, sebuah penyakit akibat radang sendi dan otot. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   makanan,   buah,   buah tropis,   kesehatan