Mother&Baby Indonesia
Deretan Selebriti Indonesia yang Mengadopsi Anak

Deretan Selebriti Indonesia yang Mengadopsi Anak

Memiliki dua orang anak tak mengurangi hasrat pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah untuk mengadopsi seorang bocah asal Nusa Tenggara Timur, bernama Betrand Peto. Well, Ruben dan Sarwendah bukan satu-satunya selebriti di Indonesia yang memutuskan untuk mengangkat anak.

Ada sejumlah alasan mengapa para selebriti mengadopsi anak. Yuk, simak kisah mereka berikut ini.




1. Ruben Onsu dan Sarwendah

Ruben mengaku langsung jatuh hati kepada Betrand Peto ketika anak laki-laki itu menjadi bintang tamu acara televisi yang dipandunya. Betrand yang berusia 13 tahun, memiliki kemampuan bernyanyi yang istimewa. Videonya di YouTube saat menyanyikan lagu Titip Rindu buat Ayah sempat viral sehingga Betrand pun diajak tampil di acara Brownis.

Sejak itulah langsung terjalin kedekatan antara Betrand dengan Ruben. Meski masih memiliki orang tua, Betrand kerap turut serta berlibur dengan keluarga Ruben. Bahkan Thalia, putri sulung Ruben, sudah menganggap Betrand sebagai kakaknya sendiri.

“Awalnya, Betrand anak didik saya yang baik dan bagus. Tapi ternyata kok, ikatan batin saya semakin kuat dengan anak ini. Terus masuk ke keluarga saya, saya ajak jalan. Anaknya enggak pernah ngeluh, minta ini atau itu. Happy saja,” ungkap Ruben.

Saat ini, Ruben dikabarkan tengah mengurus surat-surat agar Betrand bisa tinggal di Jakarta bersama keluarga mereka. Ruben tak mau begitu saja mengadopsi Betrand karena anak berbakat itu masih memiliki keluarga di Manggarai, NTT.


2. Venna Melinda

Beberapa tahun lalu, Venna Melinda juga memutuskan untuk mengadopsi anak perempuan yang diberi nama Vania Athabina pada 2016. Gadis kecil ini merupakan bayi yang ditinggalkan ibunya dan ditemukan di Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan. Venna pertama kali mendengar kabar mengenai Vania melalui berita yang dimuat media online.

Venna mengaku sebelumnya tak pernah tertarik untuk membaca berita tentang anak yang ditinggalkan orang tuanya. Akan tetapi Vania menjadi pengecualian. “Tiba-tiba saat ada berita Vania itu, seperti ada yang membisikkan, "Cari anak itu,” ungkap Venna.

Vania sempat dibawa polisi ke rumah sakit karena keracunan. Namun Venna tetap mencarinya. Keinginan Venna untuk mengadopsi Vania mendapat dukungan dari kedua putra kandungnya, Verrel Bramasta dan Athalia Naufal. Perlu diketahui, Venna membutuhkan waktu sekitar 9 bulan untuk menyelesaikan proses adopsi Vania.




3. Ussy Sulistiawaty

Sebelum menikah dengan suami pertamanya, Sugianto Sabran, Ussy sempat mengadopsi anak perempuan yang diberi nama Nur Amalia Putri atau yang kini biasa disapa Kakak Amel. Lantas Ussy memiliki seorang putri dari pernikahannya dengan Sugianto, yaitu Syafa Al Zahra. 

Dengan suami keduanya, Andhika Pratama, Ussy kembali dikaruniai dua anak, yaitu Shakeela Eleanor Ameera dan Sheva Elmira Lorrenia. Meski memiliki tiga putri kandung, Ussy tak pernah membedakan perlakuan kepada mereka dan Amel. Dia juga sering mengunggah foto-foto keseharian Amel dengan dirinya.


4. Celine Evangelista

Tak hanya cantik, Celine Evangelista ternyata juga berjiwa keibuan, lho. Celine pernah mengadopsi seorang anak perempuan saat masih berstatus sebagai istri Dirly Idol. Anak angkatnya tersebut, diberi nama Jemima Guri Clementina yang menjadi teman sekaligus saudara perempuan Eleeya Xaviera Sompie.

Kini dengan statusnya sebagai istri Stefan William, kehidupan Celine semakin lengkap dengan kehadiran putra pertama mereka yang diberi nama Lucio Otthild William. Saat ini, pasangan tersebut juga tengah menantikan kelahiran anak keempat mereka.


5. Anjasmara dan Dian Nitami 

Anjasmara dan Dian Nitami yang menikah pada 1999 ternyata mengadopsi sepasang anak. Kedua anak adopsinya adalah Amanda Annette Syariff dan Luther Putra Syariff. Keputusan untuk mengadopsi dilatarbelakangi fakta Dian Nitami sempat terjangkit virus toksoplasma yang membuatnya didiagnosis kesulitan memiliki keturunan. Namun beberapa tahun kemudian, Dian Nitami mengandung dan melahirkan anak kandungnya, Sasikirana Zahrani Asmara pada 2003. Lantas anak kedua lahir pada Arka Setya Andipa pada 2006. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. IG @ruben_onsu, @vennamelindareal, @ussypratama, @celine_evangelista)



Tags: anak,   bayi,   adopsi,   selebriti indonesia