Mother&Baby Indonesia
Pagi, Siang, atau Sore? Ini Waktu Berjemur Terbaik

Pagi, Siang, atau Sore? Ini Waktu Berjemur Terbaik

Tidak hanya bayi baru lahir, remaja dan orang dewasa juga perlu paparan sinar matahari yang bisa Anda dapatkan dengan berjemur. Ya, kegiatan berjemur di pantai memang sangat menyenangkan dan baik untuk membantu tubuh mendapatkan vitamin D ya, Moms. Namun berjemur tak harus di pantai, kok, di halaman rumah saja juga bisa Anda lakukan.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berjemur? Pasti Anda akan menjawab di pagi hari ya, Moms. Mungkin sekitar jam 07.00 hingga jam 09.00. Banyak pakar memang menyarankan waktu tersebut untuk berjemur, namun ada juga sebuah penelitian yang mengatakan ini bukan waktu berjemur terbaik lho, Moms.




Manfaat Berjemur

Berjemur tidak hanya membantu tubuh memenuhi kebutuhan vitamin D, tetapi juga memberikan banyak kebaikan lainnya untuk kesehatan (asalkan dilakukan dengan benar). Beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

2. Meningkatkan imunitas

3. Mencegah defisiensi vitamin D

4. Mengurangi risiko kanker

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

6. Memperbaiki mood

7. Memperbaiki kualitas tidur

8. Meningkatkan kesehatan tulang

9. Menyembuhkan masalah kulit

10. Meningkatkan kesehatan mata



11. Mengatasi depresi

12. Meningkatkan fungsi otak


Berjemur di Siang Hari?


Walaupun berbagai sumber menyarankan untuk berjemur di pagi hari, namun sebuah penelitian di India menyarankan untuk berjemur antara jam 11.00 hingga 13.00 lho, Moms. Menurut penelitian tersebut, pada jam tersebut sinar ultraviolet B memiliki wavelength 290-320nm, yang sangat penting untuk kulit memproduksi vitamin D. Penelitian ini menyebutkan kalau di musim dingin, saat sinar matahari berkurang, membuat masyarakat India lebih rentan kekurangan vitamin D.

“Produksi vitamin D alami dari kulit seseorang tentu saja lebih baik dari minum pil vitamin D. Kebanyakan masyarakat India memiliki kadar vitamin D rendah, maka studi ini hadir untuk memberi saran waktu terpapar sinar matahari yang tepat,” ujar G. Sethuraman, dokter kulit senior di Department of Dermatology, All India Institute of Medical Sciences (AAIMS), pada Times of India.


Anjuran Pakar


Walau penelitian di atas menyarankan untuk berjemur antara jam 11 sampai 1 siang, namun banyak juga pakar yang menyarankan untuk berjemur di pagi hari, tepatnya sebelum jam 10 pagi. 

“Baiknya berjemur dilakukan jam 07.00-08.00 saat sinar UV B meningkat dan sinar UV A masih rendah. Sinar UV A yang memiliki intensitas tinggi dapat merusak kulit,” jelas Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. PhD, Ketua Umum PERGIZI PANGAN, Guru Besar dan Dekan Fakultas Ekologi Manusia di Institut Pertanian Bogor.

Bagaimana jika Moms ingin berjemur di atas jam 10? Sepertinya boleh saja, Moms, asalkan tidak terlalu lama atau sekitar 5 menit saja. Itu pun harus dilakukan dengan mengenakan tabir surya terlebih dahulu ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: berjemur,   matahari,   sinar ultraviolet,   kesehatan,   kulit,   vitamin d