Mother&Baby Indonesia
Panduan Membuat Masa Bed Rest Jadi Lebih Menyenangkan

Panduan Membuat Masa Bed Rest Jadi Lebih Menyenangkan

Bed rest biasa dianjurkan oleh dokter untuk ibu hamil yang mengalami masalah dengan kehamilannya. Bed rest akan sangat berbeda untuk para ibu, tegantung dari riwayat kesehatan dan kondisi ibu itu sendiri.

Ada banyak alasan ketika dokter merekomendasikan bumil untuk bed rest. Beberapa alasan yang memungkinkan adalah:

• Perdarahan melalui vagina



• Posisi plasenta yang menutup jalan lahir atau plasenta previa.

• Kondisi leher rahim terbuka sehingga rahim terbuka sebelum waktunya.

• Kontraksi yang sering berulang sehingga berisiko bayi lahir prematur.

• Kehamilan bayi kembar, bumil dengan tekanan darah tinggi, dan janin yang mengalami pertumbuhan terhambat.

Bed rest memang belum terbukti bisa mengurangi komplikasi atau bisa mencegah terjadinya kelahiran prematur, tapi bed rest berguna untuk menjaga keselamatan bumil. Misalnya pada kasus bumil yang mengalami perdarahan, bed rest bisa mengurangi kemungkinan terjadinya perdarahan lebih banyak.

Bed rest juga bisa mengurangi perdarahan ulangan, dan membuat aliran darah ibu ke janin lebih baik, sehingga diharapkan perkembangan bayi bisa lebih baik.


Kegiatan Menyenangkan saat Bed Rest

Nah, saat Anda diharuskan untuk bed rest, coba lakukan kegiatan-kegiatan berikut ini, Moms:

• Baca banyak buku dan artikel mengenai anak dan parenting. Kumpulkan sebanyak-banyaknya info untuk membekali diri Anda sebagai orang tua nantinya. Moms juga bisa cari info tentang breastfeeding, proses melahirkan, imunisasi, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan anak Anda kelak.

• Lakukan keterampilan kecil, misalnya menyusun foto-foto pernikahan atau bulan madu Anda atau menghias frame dan album foto untuk Si Kecil kelak. Jika Anda hanya bed rest ringan, coba untuk menyusun barang-barang Si Kecil dari sekarang dengan bantuan orang terdekat.

• Dengan kemajuan teknologi, harus berdiam di tempat tidur bukan alasan Anda untuk menghentikan persiapan menyambut Si Kecil. Ini saatnya menjelajahi toko-toko online untuk membeli baju-baju lucu, breast pump, selimut bayi, dan pernak-pernik lainnya.




Pererat Koneksi dengan Sekitar

Gunakan waktu bed rest ini untuk mempererat diri dengan orang-orang di sekitar Anda:

• Telepon sahabat-sahabat Anda, tanyakan keadaan mereka dan katakan juga bahwa Anda akan sangat senang jika mereka bisa berkunjung dan berbincang lebih banyak lagi.

• Biarkan teman-teman dan keluarga membantu Anda. Ruang gerak Anda terbatas, jadi jangan sungkan untuk meminta bantuan orang di sekitar Anda untuk mengambilkan makanan dan hal-hal lainnya, terutama jika Anda harus bed rest total. Mungkin akan sedikit tidak nyaman untuk mandi atau buang air dengan bantuan orang lain, tetapi jika kondisi mengharuskan, Anda sebaiknya tidak segan meminta bantuan.

Bed rest adalah masa di mana Anda bisa berhenti sejenak dari kepadatan hidup Anda. Ini saatnya untuk memerhatikan dan bersikap manis kepada orang-orang di sekeliling Anda. Jika tidak harus bed rest total, Anda bisa membuat kartu tanda terima kasih atau ungkapan cinta kepada mereka. Kartu sederhana itu bisa lebih daripada barang mahal.


Yang Mesti Ditaruh di Dekat Anda

Supaya tidak perlu repot ketika Anda sudah merasa nyaman di tempat tidur, pastikan benda-benda ini ada dalam jangkauan Anda:

Smartphone.

• Laptop jika memungkinkan dilengkapi dengan akses internet.

Remote TV, AC, dan lainnya.

• Majalah dan buku-buku kesukaan Anda.

• Obat-obatan yang harus Anda konsumsi beserta air minum.

• Sisir, cermin, juga tisu.

Gadget lainnya dan benda-benda yang akan membuat Anda tenang dan nyaman saat bed rest. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   bed rest,   istirahat,   hamil,   ibu hamil,   kehamilan