Home - Kesehatan - Kesehatan / 8 Agustus 2019 / Redaksi

Sering Menyimpan Struk Belanja? Waspada bahayanya Moms!

Buat kebanyakan Moms, menyimpan struk belanja mungkin jadi sebuah kebiasaan. Terutama jika Anda telah berbelanja di supermarket atau usai membeli sebuah barang. Biasanya, struk tersebut akan kita gabungkan dengan struk belanja sebelumnya, agar kita bisa tahu dan mencatat seberapa besar pengeluaran yang telah kita lakukan.

Namun ternyata, mengumpulkan dan menyimpan struk belanja di dompet sangat tidak dianjurkan Moms, karena dapat mengganggu kesehatan kita. Ya, belum banyak orang yang tahu tentang bahaya yang ditimbulkan dari kertas struk ini. Nyatanya, kertas struk yang terlihat bersih itu bisa menjadi awal datangnya penyakit.

Lantas, kenapa struk belanja tidak boleh disimpan di dompet dan bagaimana hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita?




Struk Belanja Mengandung Zat Berbahaya

Dilansir dari Nypost.com, struk belanja terbukti mengandung bahan kimia yang bisa memberi efek negatif bagi hormon, metabolisme dan fungsi tubuh lainnya.

Fakta tersebut didapat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh The Ecology Center, Michigan, AS. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa struk belanja bisa memicu autisme, obesitas, hingga gangguan reproduksi.

Hal ini disebabkan oleh adanya bahan kimia BPA (bisphenol A) yang bisa memberikan dampak buruk bagi hormon, sistem metabolisme tubuh, dan berbagai sistem lainnya.

Dijelaskan lebih lanjut, The Ecology Center telah meneliti 207 sampel struk belanja yang berasal dari berbagai tempat seperti restoran dan supermarket. Ternyata, 93 persen di antaranya positif mengandung BPA yang selama ini dikaitkan dengan gangguan reproduksi, obesitas, dan autisme.



Untuk mengetes apakah struk belanja yang Moms terima dari kasir mengandung BPA atau tidak, Anda bisa memberikan goresan di salah satu sisi kertas struk tersebut. Bila ada tanda hitam akibat goresan di permukaan kertas, itu artinya struk belanja Anda mengandung BPA.


Bahan Kimia pada Struk Belanja akan Terserap Kulit

Bagaimana caranya BPA yang terdapat pada struk belanja bisa masuk ke dalam tubuh kita? Bahan kimia ini akan terserap kulit jika Anda memegangnya dan jari Anda ternyata lembap, Moms. Selain itu, jika Anda tidak mencuci tangan setelah memegang struk belanja, lalu tangan Anda memegang makanan dan memasukkan makanan ke dalam mulut, BPA juga bisa masuk ke dalam tubuh.

Membuang struk belanja juga masih berisiko menimbulkan masalah kesehatan apabila sebelum membuangnya Moms meremas struk belanja tersebut. Penelitian juga menyebutkan bahwa meremas struk belanja bisa meningkatkan risiko paparan BPA ke kulit kita sebanyak 1,5 kali lipat dibandingkan jika Anda hanya memegangnya selama 10 detik.

Karena itu, pastikan Anda tidak mengumpulkan struk belanja di dompet. Sebagai gantinya, Anda bisa mencatat pengeluaran yang telah Anda lakukan di media lain, misalnya di aplikasi note pada smartphone Anda. Dan, setelah memegang serta membuangnya, segeralah mencuci bersih tangan Anda ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Waspada Rotavirus, Penyebab Diare pada Anak

IDAI Rayakan Hari Anak Nasional di Kepulauan Seribu

5 Fakta Neuroblastoma, Kanker Sel Saraf pada Anak

OTHER ARTICLES

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bayi Kena Heatstroke, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing?

Kembali Bekerja Usai Melahirkan, Lakukan Ini, Moms

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D saat Hamil?