Mother&Baby Indonesia
IDAI Rayakan Hari Anak Nasional di Kepulauan Seribu

IDAI Rayakan Hari Anak Nasional di Kepulauan Seribu

Sehat, cerdas, dan gembira! Itulah harapan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bagi seluruh anak dan remaja di Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, IDAI mengadakan acara seru bertajuk “Peran Kemitraan Keluarga dan Masyarakat dalam Melindungi Hak Anak dan Remaja Menuju Generasi Sehat, Cerdas, dan Gembira.”

Acara tersebut diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, sekaligus ulang tahun IDAI ke-65 yang jatuh pada 14 Juni lalu. Para pakar kesehatan, mulai dari dokter anak, psikolog, dan ahli gizi, telah berkumpul bersama untuk berbagi informasi penting dan bermanfaat bagi para orang tua dan anak di Kepulauan Seribu. Seperti apa serunya acara tersebut? Simak liputan M&B berikut ini yuk, Moms.




Untukmu, Anak Indonesia


Dalam acara ini, IDAI berbagi informasi penting untuk para orang tua, anak, remaja, dan bahkan para calon ibu di Kepulauan Seribu. “Hari ini IDAI memperingati Hari Anak Nasional, yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu, yang juga termasuk dalam wilayah binaan IDAI. Kami ingin para orang tua, anak, dan remaja di Kepulauan Seribu juga mendapatkan edukasi dan informasi kesehatan, sama seperti mereka yang tinggal di perkotaan,” jelas Dr. dr. Rismala Dewi, SpA(K), selaku Sekretaris IDAI Jakarta, saat ditemui di Kantor Bupati Kepulauan Seribu (30/7).

Dalam kesempatan ini, para pakar kesehatan memberikan edukasi untuk berbagai kelompok usia. Untuk kelompok orang tua dengan bayi dan balita, telah hadir dr. Kanya Ayu, SpA dan dr. Lucyana, SpA, yang memberikan informasi mengenai pentingnya ASI juga manfaat zat besi dalam MPASI Si Kecil untuk mencegah anemia defisiensi zat besi.

Hadir juga Lina Triana Sari, S.Gz, ahli gizi yang berbagi resep lezat dan sehat untuk bayi 6 bulan ke atas. Talkshow seru ini dilangsungkan di RSUD Kepulauan Seribu yang terletak di Pulau Pramuka.

Untuk kelompok anak prasekolah, sudah hadir Kak Emand, storyteller dari Wyeth, yang siap membacakan dongeng seru untuk adik-adik di RPTRA Tanjung Elang Berseri, Pulau Pramuka. Sedangkan untuk kelompok anak yang sudah lebih besar hingga remaja, Maya Ramayanthi, M.Si, psikolog pendidikan, juga hadir dengan penuh semangat memberikan edukasi mengenai bullying dan bijak menggunakan media sosial.




Disambut Antusias


Perjalanan berjam-jam menuju Kepulauan Seribu ternyata tak sia-sia. Setibanya di sana, para pakar kesehatan dari IDAI disambut antusias oleh seluruh penduduk. Bahkan Drs. Husein Murad, M.Si, Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan Herwin Meifendy, MpH, selaku Kepala Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, juga hadir menyambut kedatangan tim IDAI.

Menurut Bupati Husein, penyuluhan seperti yang diberikan IDAI ini sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri dan informasi pada diri anak-anak Kepulauan Seribu. Begitu juga yang disampaikan oleh Herwin Meifendi, yang menyebutkan kalau concern masalah kesehatan di Kepulauan Seribu adalah stunting dan pola asuh anak. Maka hadirnya berbagai pakar kesehatan dari IDAI yang membidik penyebaran informasi kesehatan untuk orang tua, anak, dan remaja, dirasa sangat bermanfaat.


IDAI Mendapatkan Rekor MURI


Perayaan Hari Anak Nasional dan HUT IDAI kali ini pun semakin spesial, karena Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada IDAI sebagai penghasil infografis kesehatan terbanyak di Indonesia. Bayangkan saja, IDAI mengeluarkan 29 infografis yang sangat berguna bagi pengetahuan umum seputar kesehatan anak.

Beberapa tema infografis yang diluncurkan IDAI adalah autisme, bayi kuning, donor ASI, intoleransi laktosa, kejang demam, luka bakar, MPASI, obesitas, hingga penyakit-penyakit seperti diabetes, DBD, dan kanker pada anak. Wow, sangat lengkap dan penting diketahui ya, Moms. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. M&B)



Tags: anak,   balita,   kesehatan,   idai,   ikatan dokter anak indonesia,   hari anak nasional








Cover September 2019

Related Article