Mother&Baby Indonesia
Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an

Yang Perlu Diperhatikan saat Balita Ikut Lomba 17-an

Hari ini, tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Momen ini bisa jadi kesempatan bagi Moms dan Dads untuk mengenalkan tentang arti kemerdekaan dan cara kita merayakannya, termasuk juga mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan di lingkungan tempat tinggal kita. Mengikuti lomba 17-an juga bisa jadi cara Si Kecil belajar berkompetisi secara jujur dan sportif serta bersosialisasi dengan lingkungan.

Agar balita punya pengalaman yang menyenangkan, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat balita mengikuti lomba.




1. Jelaskan Tentang Lomba

Beritahu anak terlebih dulu tentang perlombaan yang akan diadakan, maksud dan tujuannya, lokasi lomba, dan apa saja kegiatan yang bisa ia ikuti di sana. Sampaikan juga bahwa akan ada banyak orang dan Si Kecil akan berlomba dengan anak-anak lainnya. Antisipasi akan reaksi dan emosi dari kemenangan dan kekalahan anak nantinya.


2. Cek Lokasi Perlombaan

Lokasi lomba 17-an biasanya terletak di lapangan atau tempat terbuka, Moms. Karena itu, kenali dulu tempat lomba. Ada baiknya Moms datang lebih awal dengan mengajak Si Kecil agar ia bisa melihat dulu suasana di sekitar tempat lomba. Si Kecil juga tentu akan lebih senang jika bertemu dengan teman-teman sebayanya yang lain.


3. Kenakan Pakaian Kasual

Perhatikan pula pakaian yang dikenakan Si Kecil saat ikut lomba. Anda bisa memakaikan anak kaus yang nyaman dan menyerap keringat. Jangan lupa sertakan topi untuk melindunginya dari cuaca panas. Aksesoris perhiasan, seperti kalung atau gelang sebaiknya tidak digunakan. Jangan lupa bawa pakaian ganti juga ya, Moms. Jadi jika pakaian Si Kecil sudah kotor atau basah akibat keringat, Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.




4. Pilih Perlombaan

Biasanya, panitia telah menyiapkan perlombaan yang cocok sesuai dengan kategori usia anak. Nah, Moms dan Dads bisa memilihkan lomba apa saja yang cocok dan aman untuk diikuti Si Kecil, sesuai dengan usia dan kemampuan fisiknya.


5. Cukup Makan dan Minum

Saking asyiknya ikut lomba atau bermain bersama teman-temannya, Si Kecil bisa saja lupa makan dan minum. Padahal, aktivitas fisik di ruang terbuka bisa menyebabkan tubuhnya kekurangan energi dan cairan. Karena itu, bawa dan sediakan camilan serta minuman untuk anak. Oh ya, sebelum berangkat, pastikan juga Si Kecil sudah sarapan terlebih dulu.


6. Bawa Perlengkapan P3K

Tanyakan ke panitia perlombaan tentang keberadaan petugas dan perlengkapan P3K. Jika tidak, ada baiknya juga Anda siap siaga dengan membawa serta peralatan P3K anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   hari kemerdekaan,   indonesia,   tujuh belasan,   lomba