Mother&Baby Indonesia
Moms, Ini 7 Tanda Anak Anda Beranjak Dewasa

Moms, Ini 7 Tanda Anak Anda Beranjak Dewasa

Memasuki usia taman kanak-kanak, ada banyak perkembangan yang ditunjukkan Si Kecil. Ia akan memiliki rutinitas baru, belajar bersosialisasi, dan sebagainya. Meski setiap anak unik dan memiliki perkembangan berbeda-beda, ada baiknya Moms memahami tanda-tanda penting yang biasanya terjadi pada anak usia 5 tahun ini.


1. Perkembangan Tingkah Laku dan Rutinitas

• Makan. Saat batita, Si Kecil mungkin tidak masalah untuk makan berbagai macam sayur dan buah. Tapi di usia 5 tahun, ia akan mulai pilih-pilih makanan.



• Tidur. Si Kecil mungkin akan susah diminta untuk tidur siang. Anda harus mulai mengajarkan kebiasaan tidur yang baik padanya.

• Disiplin. Si Kecil akan lebih sulit diatur. Kabar baiknya, Anda bisa mengajaknya berdiskusi untuk mengatasi kondisi tersebut.

• Tugas. Anda sudah bisa meminta Si Kecil membantu Anda menyelesaikan pekerjaan rumah, seperti membereskan mainan, memberi makan hewan peliharaan, atau menaruh pakaian kotor di keranjang cucian.


2. Perkembangan Fisik

Tidak perlu khawatir jika berat badannya menurun. Kondisi ini terjadi karena ia lebih banyak mengeluarkan energi untuk beraktivitas. Gigi susunya juga akan mulai tanggal dan berganti gigi tetap. Selain itu, ia akan semakin aktif melompat, berlari, meluncur, dan berguling. Tunjang aktivitasnya dengan melibatkannya dalam berbagai kegiatan olahraga, seperti sepakbola atau taekwondo.


3. Perkembangan Linguistik

Anda akan terheran-heran dengan gaya bicaranya yang seperti orang dewasa. Maka itu, berhati-hatilah dalam berbicara Moms, karena ia cepat mengikuti segala apa yang Anda ucapkan.




4. Perkembangan Emosional

Si Kecil sudah mengerti pentingnya berempati dan bersimpati pada orang lain. Selain itu, ia akan mulai mengkritik tingkah laku orang lain yang dirasa tidak sesuai atau salah menurutnya. Sikap mandiri Si Kecil pun semakin terasa, seperti menentukan sendiri pakaian mana yang akan ia kenakan atau makanan apa yang akan ia makan.


5. Perkembangan Kognitif

Perkembangan Si Kecil mengenal dunia sekitarnya jauh lebih baik dan itu membuat kepercayaan dirinya jadi meningkat. Ia pun sudah bisa membaca, menulis, dan berhitung. Imajinasinya juga semakin berkembang. Si Kecil akan senang berkompetisi dan merasa marah atau sedih jika kalah. Berikan pemahaman yang baik tentang bagaimana ia sebaiknya menerima kekalahan.


6. Perkembangan Sosial

Pertemanan menjadi hal penting bagi Si Kecil. Tak perlu heran jika ia terus bercerita tentang teman-temannya di sekolah pada Anda. Si Kecil pun mulai memahami perbedaan antara baik dan buruk, serta mengetahui konsekuensi yang akan diterima jika melakukan kedua hal tersebut. Namun, ada kalanya ia ingin sendiri. Berikanlah waktu, karena kesendirian juga penting untuk perkembangan sosialnya.


7. Perkembangan Psikoseksual

Mengingat Si Kecil sangat senang mengamati, ia pun akan antusias mencari perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan. Inilah saat yang tepat buat Anda untuk memberikan pendidikan seks yang baik padanya, tentunya dengan bahasa yang sederhana yang bisa ia mengerti. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   tumbuh kembang anak,   anak beranjak dewasa