Home - Balita - Tumbuh Kembang Balita / 13 Agustus 2019 / Redaksi

Anak Kidal, Harus Dilatih atau Dibiarkan Saja?

Ketika Si Kecil mulai bergerak, ia akan mulai menunjukkan apakah ia kidal atau tidak. Jika Si Kecil kidal atau lebih banyak menggunakan tangan kiri, ia merupakan bagian dari 10 persen populasi orang kidal di dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka memang unik dan bukan hal buruk jika Si Kecil memang kidal.

Nah, dalam rangka memperingati Hari Kidal Sedunia (International Left-Handers Day) yang jatuh setiap tanggal 13 Agustus, yuk tingkatkan pengetahuan Anda seputar anak kidal, Moms.




Tidak Ada Usia Tertentu

Sebenarnya tidak ada usia tertentu saat anak menunjukkan ciri-ciri kidal atau lebih aktif menggunakan tangan kiri. Beberapa anak mulai menunjukkan dominasi tangan kiri ketika ia berusia 12-18 bulan, dan beberapa lainya baru terlihat ketika berusia 3 atau 4 tahun. Tangan dominan sendiri juga diturunkan secara genetik. Bila Anda dan suami kidal, maka kemungkinan Si Kecil kidal adalah 50 persen.


Kenapa Anak Kidal?

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Southampton, Inggris, kidal atau tidaknya seseorang akan mulai terprogram ketika ia masih di dalam kandungan. Dan faktor yang memengaruhi, salah satunya adalah nutrisi. Penelitian ini menganalisis 212 anak yang berusia 14-16 tahun. Hasilnya, anak-anak yang lahir dengan berat badan rendah di kelompok ini, banyak menggunakan tangan kirinya ketika beraktivitas.

Penelitian ini pun menimbulkan kontroversi. Beberapa peneliti menganggap faktor urutan lahir, jenis kelamin, dan kondisi kehamilan juga seharusnya diperhitungkan. Namun, tim dari University of Southampton yakin bahwa berat lahir sangat berpengaruh pada kidal atau tidaknya seseorang.


Tanda dan Ciri Anak Kidal

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat jika Si Kecil kidal, yaitu:



1. Tangan mana yang biasanya digunakan Si Kecil untuk memegang sendok ketika makan?

2. Jika menendang atau melempar bola, kaki dan tangan mana yang ia gunakan?

3. Saat ia mulai menulis atau menggambar, tangan apa yang ia gunakan?

4. Ketika mencoba untuk berdiri dengan 1 kaki, ia akan lebih seimbang ketika bertumpu pada kaki yang mana? Orang kidal biasanya akan berdiri lebih seimbang dengan kaki kiri.


Latih atau Biarkan Saja?

Anak kidal sering dianggap tidak sopan, misalnya karena lupa bersalaman dengan tangan kanan. Padahal, menurut Sylvia Weber, ahli biologi, penulis, dan kepala sebuah lembaga konsultasi khusus untuk orang kidal di negara bagian Bavaria, Jerman, dominasi tangan kiri menandakan bahwa otak sebelah kanan lebih dominan. Demikian juga sebaliknya, dominasi aktivitas otak kiri menandakan tangan kanan Si Kecil lebih kuat.

Ini menjelaskan mengapa para ahli tidak menyarankan orang tua untuk mengoreksi Si Kidal dan memintanya melakukan sesuatu dengan tangan kanan. Hal ini akan menghambat aktivitas otak sebelah kanannya. “Tak jarang anak kidal yang mengalami hal ini terganggu ingatan dan perkembangan rentang konsentrasinya,” jelas Weber. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Bolehkah Mengajak Anak Melihat Pemotongan Hewan Kurban?

Tips Mengajak Balita Potong Rambut

Berbahayakah Jika Anak Suka Bermain dengan Lawan Jenis?

OTHER ARTICLES

Manfaat Corat-Coret untuk Perkembangan Anak

Bayi Kena Heatstroke, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Waxing?

Kembali Bekerja Usai Melahirkan, Lakukan Ini, Moms

Apa Dampak Kekurangan Vitamin D saat Hamil?