Mother&Baby Indonesia
5 Mainan untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak 2 Tahun

5 Mainan untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak 2 Tahun

Usia 2 tahun adalah usia emas seorang anak. Di usia ini, Si Kecil mengalami perkembangan pesat, baik dari kepribadian maupun kemampuannya. Salah satu cara untuk menstimulasi keterampilan anak usia 2 tahun adalah dengan memberikannya mainan yang bisa membantunya berkembang secara optimal.

Jangan hanya bentuknya yang lucu, mainan untuk Si Kecil juga harus sesuai dengan usia agar bisa turut menstimulasi tumbuh kembangnya. Ya, memberikan mainan untuk anak memang bisa dibilang tricky karena Moms perlu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kualitas, keamanan, usia anak, manfaat, hingga harga.

Nah, agar mainan yang Anda berikan sudah pasti tepat, berikut beberapa jenis mainan yang aman dan perlu Moms berikan untuk anak usia 2 tahun ke atas.




1. Mainan Balok


Enggak cuma seru, menyusun mainan balok seperti Lego atau Duplo juga baik untuk melatih kecerdasan anak usia 2 tahun. Berikan mainan balok yang berukuran lebih besar untuk mengurangi risiko tersedak pada anak yang lebih kecil. Pilih mainan yang diwarnai menggunakan non-toxic paint ya, Moms.

Manfaat: Sambil ditemani orang dewasa, Si Kecil bisa bermain sambil belajar mengenal warna dan bentuk, juga meningkatkan kemampuan membangun bentuk dan kesabaran.


2. Stacking Toys


Moms pasti tahu mainan menyusun benda dari ukuran terbesar hingga terkecil ini. Bentuknya bisa macam-macam, ada yang menyusun gelas, lingkaran, atau bentuk-bentuk menarik lainnya.

Manfaat: Mainan ini mengenalkan dan mengasah kemampuan spasial anak. Anak jadi bisa belajar mengenal ukuran, warna, juga belajar memecahkan masalah.


3. Bola




Klasik! Tetapi selalu disukai anak. Apa pun jenis bola dan cara bermainnya, anak-anak selalu bahagia saat memainkannya. Apalagi, jika bermain bola di alam terbuka bersama teman-temannya.

Manfaat: Bermain bola (melempat, menendang, menangkap) melatih kemampuan motorik anak. Anak juga bisa mengenal tekstur dan warna, juga belajar bermain dalam kelompok.


4. Masak-Masakan


Sekarang mainan satu set dapur dan isinya sudah mudah ditemukan di berbagai toko mainan ya, Moms. Ini tidak hanya menarik anak usia 2 tahun, tetapi juga memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya. Mainan ini juga bisa dibilang everlasting sehingga Anda tidak perlu sering-sering membelikan mainan masak-masakan model terbaru untuknya.

Manfaat: Mainan ini tentu saja akan bisa mengasah imajinasi anak, sehingga baik untuk meningkatkan kreativitasnya. Bermain masak-masakan sendirian tentu kurang seru ya? Maka mainan ini sangat tepat untuk melatih anak berbagi mainan dengan temannya.

Manfaat lainnya, anak bisa sekalian belajar mengenal nama-nama makanan, perkakas dapur, cara mengatur meja makan, sambil belajar keamanan di dapur.


5. Buku


Mungkin banyak yang mengira buku bukanlah mainan. Padahal, buku juga seru dan bermanfaat untuk anak 2 tahun lho, Moms. Pilihlah buku dengan gambar yang menarik, agar waktu membacakan buku semakin dinanti oleh Si Kecil.

Manfaat: Sudah tidak perlu diragukan lagi, membiasakan anak cinta membaca sejak dini tentu adalah hal yang sangat baik. Walau anak 2 tahun umumnya belum bisa membaca, namun membacakan buku untuk anak bisa meningkatkan kosakata anak lho, Moms. Dengan begitu, anak jadi bisa belajar mengenal huruf dan angka, sebuah modal penting untuk lancar membaca nantinya. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   mainan,   toys,   batita,   anak,   kecerdasan,   stimulasi