Mother&Baby Indonesia
Kebersihan Bra Menyusui Bantu Cegah Eksim pada Bayi

Kebersihan Bra Menyusui Bantu Cegah Eksim pada Bayi

Bersih pangkal sehat. Moms tentu sering mendengar pepatah ini. Nah, untuk menjaga kebersihan, Anda tentunya perlu mandi dan mengganti pakaian setiap hari, termasuk pakaian dalam Anda seperti bra, agar tetap terjaga kebersihannya.

Kenapa penting menjaga kebersihan bra? Setelah beraktivitas seharian, pakaian dalam seperti bra pastinya akan terpapar keringat. Nah, hal ini akan menjadi sumber bagi berkembangnya bakteri dan kuman.

Apalagi jika Anda ibu yang sedang menyusui buah hati. Bakteri dan kuman yang terdapat di bra dan menempel di payudara akan bisa terpapar ke kulit bayi saat Anda menyusuinya, Moms.



Seperti kita tahu, bayi memiliki kulit yang lembut namun sangat sensitif. Sedikit saja efek dari bra yang tidak terjaga kebersihannya ke bayi Anda, bukan tidak mungkin Si Kecil berisiko mengalami masalah kulit seperti eksim.

Eksim merupakan masalah kulit yang umum ditemukan pada bayi. Ketika mengalami eksim, Si Kecil pastinya akan merasa tidak nyaman karena gatal pada kulitnya. Akibatnya, ia pun akan sering rewel, menangis, dan sulit tidur.

Masalah eksim yang tidak ditangani dengan baik juga bisa mengakibatkan kondisi kulit Si Kecil memburuk lho Moms, seperti kulitnya menjadi gelap, kering, dan bersisik.


Begini Cara Mencuci Bra Menyusui yang Tepat

Seperti telah disebutkan di atas, pakaian dalam Moms, terutama bra menyusui, harus selalu dijaga kebersihannya. Hal ini disebabkan sisa ASI yang tertinggal di bra juga bisa menimbulkan eksim pada Si Kecil, karena ASI termasuk dalam bahan kimia, sehingga tidak boleh menempel ke kulit bayi yang masih sensitif. ASI setajam air liur atau urine sehingga bisa membuat Si Kecil mengalami iritasi.



Moms yang pernah memiliki riwayat eksim, saat menyusui juga memiliki kemungkinan tinggi terjadi eksim di area payudara. Oleh karena itu, bra Anda harus dicuci dengan baik sehingga tetap memberikan kenyamanan bagi Anda.

Tapi, hati-hati dalam mencuci bra Anda ya, Moms. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencuci bra Anda, seperti tidak mencuci bra dengan mesin cuci, hindari memeras supaya cepat kering, jemur hingga benar-benar kering, dan simpan dengan rapi.

Selain itu, pilih detergen yang tepat untuk mencuci bra Anda. Salah pilih detergen juga bisa memunculkan masalah kulit baru pada bayi Anda lho, Moms. Hal ini dikarenakan detergen biasa mengandung banyak unsur kimia dan bahan aditif yang menempel di bra setelah proses pencucian dan bisa memicu masalah kulit pada bayi Anda.

Sleek Baby Laundry Detergent

Untuk mengatasi masalah ini, Moms bisa gunakan Sleek Baby Laundry Detergent. Sleek Baby Laundry Detergent merupakan detergen pertama dan satu-satunya dengan bahan alami Natural Plant Extract dan telah teruji secara dermatologi, mampu membersihkan dan menghilangkan noda dengan efektif tanpa merusak serat alami kain, sehingga kelembutan kain tetap terjaga dan kulit buah hati Anda dapat terlindungi dari eksim.

Jadi, jangan salah pilih detergen ya, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik, Sleek Baby Laundry Detergent)



Tags: bayi,   ibu menyusui,   bra menyusui,   kulit bayi,   sleek baby laundry detergent