Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Bercermin untuk Bayi

5 Manfaat Bercermin untuk Bayi

Coba perhatikan, Si Kecil seringkali menunjukkan beberapa perilaku lucu saat melihat bayangan dirinya di dalam cermin. Hmm, mengapa bayi suka bercermin ya, Moms?

Menurut Dr. Ari Brown, dokter spesialis anak dari Kansas yang juga penulis buku Baby 411: Clear Answers and Smart Advice for Your Baby’s First Year, bayi pada umumnya sangat suka melihat wajah atau ekspresi tertentu, apalagi ekspresi menyenangkan seperti yang ia buat di depan cermin. Ekspresi bingung, kaget, meraih, atau mencium itu terjadi karena ia belum tahu bahwa yang ada di dalam cermin adalah bayangannya sendiri.

Berita baiknya, kegiatan bercermin ini tidak hanya menyenangkan bagi bayi, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya lho, Moms. Apa saja sih manfaat bercemin untuk bayi? Lihat di bawah ini ya, Moms.




Manfaat Bercermin buat Bayi

1. Merangsang kecerdasan

Ketika anak berusia 0-6 bulan, Anda dapat memanfaatkan cermin untuk merangsang kemampuan visual dan melatih anak berbagai ekspresi bahasa tubuh. Angkat atau gendong anak hingga ia bisa melihat bayangan wajahnya sendiri di dalam cermin. Setelah matanya fokus ke cermin, mainkan mimik-mimik lucu dan unik di depan cermin. Bermain mimik di depan cermin selain bisa merangsang kemampuan visual Si Kecil, juga dapat merangsang memori untuk mengenali dan merekam bermacam-macam mimik.

Ketika anak berusia 6-12 bulan, Anda dapat memakai cermin untuk merangsang kecerdasan anak. Pangku Si Kecil saat Anda sedang bercermin lalu tanyakan kepadanya, “Siapa itu yang ada di dalam cermin?” Dengan begitu, anak akan terbiasa melihat dan menyadari bahwa ternyata bayangan yang ia lihat di cermin itu adalah dirinya sendiri.

2. Belajar mengenal anggota tubuh

Selain belajar membuat mimik, Moms juga bisa mengajarkan anak untuk mengenal anggota tubuhnya. Caranya, sambil bercermin kenalkanlah anggota tubuh anak. “Ini tangan, ini hidung, dan ini mulut” sambil memegang satu per satu anggota tubuhnya. Dengan cara itu, anak bisa belajar mengenal nama-nama anggota tubuh dan menyebutkannya dengan tepat.



3. Mengajarkan berhitung

Pada bayi 6-12 bulan, cermin dapat dipakai untuk mengajari Si Kecil berhitung dengan menggunakan jari tangan. Ajarkan saja hitungan sederhana, seperti “Ini tangan, tangan ada dua. Ini jari, jari ada sepuluh. Ayo hitung satu, dua, tiga, dan seterusnya.” Lakukan hal itu sambil bercermin, dan lihat sendiri apa yang bisa bayi Anda tiru. Jangan lupa memberi pujian jika bayi Anda menunjukkan kecerdasannya ya, Moms.

4. Menambah kemampuan motorik

Cermin juga bisa dijadikan alat untuk mengajari anak berbagai gerakan dasar gerakan fisik. Misalnya, pada anak 0-6 bulan, contohkan gerakan mengangkat kepala, tengkurap, dan telentang sambil menghadap cermin. Percayalah, Moms, bayi sekecil itu bisa mengingat gerakan yang Anda ajarkan, lho.

5. Meningkatkan interaksi sosial

Interaksi dengan cermin juga bisa mengembangkan kemampuan sosialisasi dan meningkatkan rasa percaya diri anak. “Kesadaran atas kondisi dan kemampuan yang ia lihat di cermin, nantinya akan membuat Si Kecil menjadi bangga dan semakin percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain,” jelas Dr. Brown. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi bercermin,   tumbuh kembang bayi








Related Article