Mother&Baby Indonesia
Mempersiapkan Kebutuhan Bayi, Pinjam atau Beli?

Mempersiapkan Kebutuhan Bayi, Pinjam atau Beli?

Banyak barang baru yang perlu Anda miliki ketika hamil dan setelah melahirkan. Untuk memenuhinya, mana yang akan Anda pilih, meminjam dari teman atau membeli yang baru, Moms?

Meski selalu mual di pagi hari atau susah mencari posisi tidur yang nyaman, masa kehamilan tetap akan terasa indah. Sebab, ada makhluk mungil dalam rahim Anda yang berkembang setiap hari. Tetapi sebelum Anda terlena dengan indahnya masa kehamilan, banyak lho, hal yang perlu Anda siapkan. Mulai dari perlengkapan selama masa kehamilan sampai melahirkan, seperti pakaian hamil, bra menyusui, dan perlengkapan bayi.

Ada beberapa cara untuk memenuhinya, membeli semua perlengkapan tadi, meminjam, atau menerima barang ‘lungsuran’ dari teman dan saudara Anda.




Persiapan Dana

Kalau diminta memilih, mungkin Anda akan memilih yang pertama, membeli semua perlengkapan yang dibutuhkan. Apalagi jika ini adalah kehamilan atau anak pertama. Alasannya, bisa karena masalah kesehatan atau kebetulan tidak ada teman dan saudara yang bisa memberikan barang lungsuran kepada Anda.

Anda juga mungkin sudah mempersiapkan dana untuk ini sejak jauh-jauh hari. Tapi, apakah membeli segalanya cukup bijaksana? Sebab, ada barang yang memang harus dibeli dan ada yang tidak harus.

Anda juga harus menyiapkan banyak dana untuk dua hal penting. Pertama, tentu saja dana kunjungan ke dokter kandungan. Selama masa kehamilan, idealnya Anda melakukan kunjungan ke dokter sebanyak 12 kali. Biaya yang Anda siapkan bukan hanya untuk berkonsultasi, tetapi juga biaya pemeriksaan laboratorium, USG, atau membeli suplemen.



Kedua, dana melahirkan. Cara bersalin apa pun yang Anda pilih, kisaran biayanya berbeda. Dana lainnya yang perlu Anda siapkan adalah untuk membeli perlengkapan kehamilan dan bayi.


Pinjam Sebelum Beli?

Berbeda dengan biaya kunjungan dokter dan biaya melahirkan yang tidak bisa ditawar lagi, biaya untuk membeli perlengkapan bayi masih bisa ditekan. Berapa besar dana yang akan Anda habiskan untuk memenuhi kebutuhan ini tergantung pada Anda sepenuhnya.

Jika ingin hemat, Anda bisa menekan dana di pos ini, misalnya dengan meminjam atau menerima barang lungsuran dari teman atau saudara. Baju hamil layak pakai, tempat tidur bayi, stroller, car seat, baby walker, high chair adalah contoh barang yang bisa Anda pinjam karena masa pakainya yang amat singkat.

Bukan hanya menghemat dana, menggunakan barang lungsuran juga bisa menjadi aksi go green lho, Moms! (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   belanja,   kebutuhan bayi