Mother&Baby Indonesia
Moms Perlu Tahu, Ini 5 Tanda Pembukaan 1 bagi Ibu Hamil

Moms Perlu Tahu, Ini 5 Tanda Pembukaan 1 bagi Ibu Hamil

Bagi para Moms, momen persalinan biasanya menjadi momen membahagiakan sekaligus mendebarkan. Ya, jantung kerap dibuat dag dig dig saat Anda mulai merasakan tanda-tanda akan melahirkan sang buah hati.

Namun tak sedikit Moms yang masih dibuat bingung oleh pertanda menjelang proses persalinan, khususnya saat pembukaan 1. Agar tak bingung lagi, berikut ini tanda-tanda apa saja yang akan muncul. Simak yuk, Moms!




1. Perut Terasa Mulas

Perut terasa mulas, khususnya di bagian perut bawah. Rasa mulasnya masih terasa ringan. Sesekali datang, menghilang, lalu datang kembali. Rasa mulas pada pembukaan pertama tidak begitu parah jika dibandingkan dengan pembukaan lima ke atas. Jika Moms merasakan fenomena seperti ini, artinya Anda sudah mengalami pembukaan 1.


2. Kontraksi Ringan

Kontraksi ringan bisa menjadi salah satu pertanda Anda sudah memasuki proses pembukaan 1. Perlu diketahui, pembukaan pertama artinya jalan lahir akan terbuka sekitar 1 sentimeter. Kontraksi ringan akan mulai terjadi meski terasa datang dan pergi. Ritmenya juga tidak beraturan.

Satu hal yang harus selalu diingat, jika usia kehamilan sudah besar dan mendekati waktu lahir, sebaiknya Moms mulai memerhatikan semua pertanda yang diperlihatkan tubuh Anda termasuk saat mengalami kontraksi ringan karena bisa jadi sudah mulai masuk pembukaan satu. Perhatikan juga jarak kontraksi pertama dengan yang selanjutnya.

Moms bisa mengingat atau bahkan mencatat berapa lama jedanya. Guna mengatasi rasa sakit karena kontraksi selama pembukaan berlangsung, Moms bisa berjalan kaki atau menggunakan gym ball.


3. Keluar Bercak Lendir

Akan ada bercak lendir berwarna cokelat kemerahan yang menempel pada pakaian dalam ibu hamil. Hal ini adalah adalah ciri umum pembukaan pertama. Bercak tersebut adalah lendir dari jalan rahim.

Banyak ibu hamil yang tidak menyadari tanda awal menjelang persalinan yang satu ini karena lendir yang keluar kadang sangat sedikit dan ada pula yang keluar berbarengan saat buang air kecil. Jangan panik melihat bercak lendir tersebut ya, Moms. Anda masih tetap bisa berkegiatan di rumah seperti biasanya.




4. Nyeri di Pinggang

Tanda melahirkan pada pembukaan 1 lainnya adalah munculnya rasa nyeri di pinggang. Rasa nyeri ini akan semakin kuat seiring dengan bertambahnya proses pembukaan.

Setelah pembukaan lima ke atas, rasa nyeri di sekitar pinggang akan semakin terasa dan bukan tak mungkin Moms mulai kehilangan kesabaran atau kemampuan menahan rasa sakit tersebut. Apabila Moms mulai mengalami rasa nyeri di sekitar pinggang, Anda bisa duduk di atas gym ball dan meminta suami untuk memegang tangan Anda sambil mengusap-usap punggung hingga ke pinggang. Sentuhan lembut Dads tentunya akan membuat Anda sedikit tenang.


5. Mulai Gelisah

Munculnya perasaan gelisah, cemas, dan serba salah adalah tanda melahirkan pada pembukaan pertama hingga kelima. Jika mulai merasakan hal semacam ini, segera atur napas. Tersenyum dan mengingat hal-hal menyenangkan adalah salah satu cara agar Moms bisa lebih rileks dan menikmati setiap gelombang cinta (kontraksi) yang datang.


Tahukah Moms? Pembukaan 1 biasanya menjadi fase yang paling lama dilewati ibu hamil karena bisa terjadi selama beberapa hari atau bahkan beberapa minggu, tanpa kontraksi berarti (kontraksi kurang dari 1 menit). Namun pada sebagian orang, pembukaan 1 hanya terjadi beberapa jam atau paling lama 24 jam, dan disertai kontraksi yang lebih jelas.

Saat Moms memasuki proses pembukaan 1, biasanya posisi kepala janin sudah berada di tempat yang tepat menuju jalan lahir. Akan tetapi, pada fase ini janin masih berdiam diri. Janin belum melakukan pergerakan apa pun untuk menuju rongga panggul. Mengingat proses persalinan setiap ibu hamil tidak selalu sama, Moms disarankan untuk mulai berkemas dan menyiapkan perlengkapan melahirkan menjelang pekan-pekan terakhir masa kehamilan. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: ibu melahirkan,   persalinan,   pembukaan 1,   kontraksi,   bercak lendiri,   nyeri di pinggang,   perut mulas,  








Related Article