Mother&Baby Indonesia
Mengenal Lamaze, Metode Bantuan Persalinan

Mengenal Lamaze, Metode Bantuan Persalinan

Metode Lamaze dikembangkan oleh seorang dokter kandungan asal Perancis bernama Ferdinand Lamaze. Dari negara mode tersebut, metode ini kemudian berkembang ke seantero dunia dan telah digunakan di Amerika Serikat sejak akhir tahun 1950-an. Sampai kini, Lamaze menjadi salah satu metode bantuan dalam persalinan yang paling banyak digunakan di sana.


Fokus dalam Teknik Lamaze

Lamaze difokuskan pada teknik pernapasan ritmik yang terkontrol, dengan menekankan konsentrasi aktif dalam relaksasi, agar perhatian si ibu dapat teralihkan dari sakitnya kontraksi dan akhirnya bisa melalui proses persalinan dengan lancar.



Suami yang diajak dalam kelas Lamaze juga akan diajarkan untuk membimbing istri mereka dalam melakukan teknik pijat yang dapat membantu meringankan rasa sakit menjelang atau saat proses persalinan.

Menurut Lamaze International, badan internasional yang membuka pendidikan bersertifikat sebagai edukator Lamaze, metode ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri setiap calon ibu agar dapat melahirkan dengan lancar.

Dan berhubungan dengan itu, dari sekian banyak cara yang diungkapkan dalam setiap metode, teknik pernapasan adalah yang paling penting. Lamaze juga mengajarkan calon ibu bagaimana merespons setiap rasa sakit yang dialami dengan cara yang dapat memudahkan proses persalinan dan meningkatkan perasaan nyaman.

Lamaze memiliki filosofi bahwa persalinan adalah hal yang bisa dilakukan secara normal, alami, dan sehat. Dalam Lamaze, calon ibu dibebaskan untuk melakukan proses persalinan tanpa intervensi medis.

Lamaze juga mengajarkan pada para calon ibu bahwa mereka punya hak untuk menyetujui atau menolak, jika intervensi medis atau penghilang rasa sakit saat persalinan memang diperlukan.


Yang Diajarkan dalam Lamaze

Biasanya, kelas Lamaze berlangsung keseluruhan selama 12 jam dan satu kelas terdiri dari tidak lebih dari 12 pasangan. Berikut hal-hal yang diajarkan dalam Lamaze:

• Semua hal yang harus diperhatikan dalam persalinan dan kelahiran normal, termasuk periode awal pasca persalinan. Pelajaran ini biasanya memakai video rekaman proses persalinan alami.

• Tips agar tetap aktif dan memusatkan perhatian pada teknik pernapasan untuk melancarkan persalinan.



• Teknik relaksasi dan cara-cara alami yang dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit, seperti pijat, berjalan, pergantian atau perubahan posisi yang benar, dan hidroterapi (terapi dengan air).

• Tips untuk pasangan Anda agar dapat mendukung dan membantu Anda selama proses persalinan berlangsung.

• Cara tepat untuk berkomunikasi dengan dokter atau bidan yang menangani Anda, sehingga keinginan Anda mengenai persalinan ideal dapat tersampaikan dengan baik.

• Informasi mengenai komplikasi yang mungkin timbul saat bersalin dan intervensi medis atau tindakan yang mungkin diperlukan untuk mengatasinya.

• Epidural dan pilihan lain yang dapat Anda pertimbangkan untuk meringankan atau menghilangkan rasa sakit dengan menggunakan obat-obatan.

• Interaksi dini dengan bayi pasca persalinan dan menyusui.


Keistimewaan Lamaze

Cara mengatasi dan meringankan sakit tanpa penggunaan obat dalam metode Lamaze membuatnya sangat menarik, Moms. Instruktur Lamaze selalu menekankan pada para calon ibu mengenai obat-obatan penghilang sakit dan untung-ruginya, juga bahwa obat-obatan tersebut adalah bantuan tambahan yang dapat mereka pilih.

Semua intervensi medis dibahas dalam kelas Lamaze, sehingga calon ibu dapat menentukan pilihan berdasarkan informasi yang akurat di ruang bersalin nantinya.

Nah, Lamaze bisa jadi metode pilihan untuk membantu kelancaran persalinan Anda nanti. Selamat mencoba, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: persalinan,   ibu bersalin,   ibu melahirkan,   metode bantuan persalinan,   lamaze








Related Article