Mother&Baby Indonesia
Ketahui Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Hamil

Ketahui Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Hamil

Seiring bertambahnya usia dan ukuran kandungan, punggung cenderung semakin mudah pegal. Mulai dari punggung bawah hingga punggung bagian atas, dada, dan rusuk. Penyebabnya antara lain adalah perubahan hormon, cedera otot punggung, pertambahan berat badan, dan perubahan postur tubuh.

Menurut dr. Taufik Jamaan, Sp.OG, dokter kandungan serta staf pengajar Pasca Sarjana Biomedik Fakultas kedokteran UI, rendahnya kandungan kalsium dalam tubuh juga bisa jadi penyebab masalah punggung yang dialami ibu hamil. Untuk mengatasinya, ia menyarankan agar Moms memperbanyak asupan kalsium, antara lain dengan mengonsumsi susu atau suplemen jika Anda sulit makan, selama sesuai dengan rekomendasi dokter.

Moms juga sebaiknya menjaga agar postur tubuh tidak miring atau bungkuk. Anda dapat menggunakan bantal kecil penyangga punggung untuk menjaga postur saat duduk dan mengurangi rasa pegal.




Tips Mencegah dan Mengatasi Sakit Punggung saat Hamil

Namun, apabila cedera atau sakit punggung sering dialami Moms, berikut beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi sakit punggung saat hamil, yaitu:

• Jagalah agar kenaikan berat badan Anda tidak terlalu jauh di atas parameter berat badan yang direkomendasikan oleh dokter. Badan yang terlalu berat akan semakin membebani punggung Anda dan membuatnya sakit.



• Hindari pemakaian sepatu dengan hak yang terlalu tinggi. Para ahli menganjurkan pemakaian hak paling tebal adalah 5 cm. Hal ini perlu diperhatikan agar keseimbangan tubuh Anda tetap terjaga, baik saat berdiri dan juga berjalan.

• Usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama. Jika harus, usahakan salah satu kaki berada di tempat yang lebih tinggi dari yang lain dengan lutut sedikit ditekuk. Saat mencuci piring di dapur, alasi kaki Anda dengan keset, untuk menahan tekanan dari lantai yang keras.

• Ketika akan mengangkat barang, bebankan tenaga pada tangan dan kaki, bukan pada punggung Anda. Jadi posisikan tubuh untuk berjongkok, lalu punggung tetap tegak sambil mengangkat barang. Dan pastikan bahwa barang yang diangkat adalah bukan barang berat atau besar. Saat membawa belanjaan, bagi dua kantung belanjaan Anda dan peganglah dengan masing-masing tangan, jangan membawanya jadi satu di depan dada Anda ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   hamil,   ibu hamil,   kesehatan,   punggung,   sakit punggung