Home - Kehamilan & Persalinan - Kehamilan / 19 Juli 2019 / Redaksi

Ibu Hamil Mudah Mengantuk? Ini Alasannya!

Hoaaaam…. Masih siang tapi kok sudah mengantuk? Sah-sah saja jika Moms merasa lelah dan mengantuk setelah beraktivitas. Namun bagaimana jika Anda didera rasa kantuk seharian tanpa melakukan apa pun? 

Ya, kondisi semacam ini kerap dialami wanita yang tengah mengandung. Sebagian ibu hamil memang merasakan lelah berlebih meskipun mereka tidak melakukan aktivitas berat. Jangan khawatir Moms karena hal tersebut wajar dirasakan ibu hamil.




Penyebab Bumil Mudah Mengantuk

Kelelahan selama kehamilan biasanya terjadi selama trimester pertama. Pada awal kehamilan, perubahan hormon berpotensi menjadi penyebab utama kelelahan. Tubuh Anda menghasilkan lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke janin yang sedang tumbuh di dalam kandungan.

Peningkatan kadar progesteron juga bertanggung jawab atas fenomena 'mengantuk' yang Anda alami. Selain perubahan fisik yang terjadi di tubuh Anda, perubahan emosional dapat berkontribusi pada penurunan emosi.  

Rasa kantuk ini cenderung tidak terlalu dirasakan ketika kehamilan memasuki trimester kedua. Namun biasanya perasaan lelah itu akan kembali mendera pada trimester ketiga. Bukan tak mungkin, Moms juga akan didera rasa kantuk sepanjang hari. Penyebab rasa mengantuk pada ibu hamil bisa bermacam-macam, antara lain:

1. Perubahan hormon. Perubahan hormon ini bisa menyebabkan kenaikan suhu badan. Efeknya, Moms merasa ingin tidur terus karena suhu badan yang tinggi tersebut.

2. Morning sick. Bagi sebagian ibu hamil, morning sick atau perasaan mual berlebih bisa membuat Anda kehilangan nafsu makan. Tanpa asupan makanan dan gizi yang cukup, Moms tentu akan merasa tidak bertenaga serta mengantuk.

3. Kurang tidur. Saat hamil, tubuh Moms akan mengalami perubahan hormonal. Bukan tak mungkin, Anda akan lebih sering buang air, bahkan pada malam hari. Alhasil, waktu tidur atau istirahat Anda akan terganggu dan menyebabkan Moms mengantuk pada siang hari.

4. Mimpi. Menjelang akhir masa kehamilan, Moms biasanya lebih mudah bermimpi pada malam hari. Hal tersebut bisa disebabkan karena Anda mulai deg-degan menanti kelahiran Si Kecil. Secara tidak langsung, mimpi bisa membuat tidur Anda tidak nyenyak dan tubuh menjadi lelah.


Tips Mengatasi Rasa Lelah

Memang tidak mudah mengenyahkan rasa kantuk tersebut. Namun M&B punya tips yang bisa membuat Moms terbebas dari perasaan mengantuk.



1. Atur waktu istirahat dan beraktivitas

Bagi ibu yang bekerja, Anda disarankan lebih teratur dalam membagi waktu beristirahat dan beraktivitas. Pergunakan waktu makan siang dengan baik. Jika tidak perlu melakukan hal-hal lain, setelah makan siang Anda bisa beristirahat. Untuk ibu rumah tangga, pastikan Anda tetap beraktivitas seperti biasa sehingga bisa terlelap saat tidur di malam hari.

2. Tingkatkan kualitas tidur

Untuk bisa memiliki kualitas tidur yang baik, Moms bisa merendam kaki dengan air hangat sebelum tidur, mendengarkan musik, atau minum segelas susu hangat. Moms tidak perlu minum terlalu banyak menjelang tidur karena hal itu hanya akan membuat Anda sering terbangun untuk buang air kecil.

3. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi, Moms akan memiliki lebih banyak energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Pisang dan kacang-kacangan adalah pilihan camilan yang baik bagi ibu hamil.

4. Pastikan ventilasi udara berfungsi dengan baik

Saat oksigen dalam tubuh cukup, Moms tentunya akan merasa lebih bersemangat. Oleh sebab itu, pastikan ventilasi udara di ruangan atau tempat tinggal Anda bekerja dengan baik.

5. Tidur

Ya, jika rasa mengantuk sudah tak bisa ditahan lagi, Moms sebaiknya beristirahat. Meski hanya sebentar, tidur dengan kualitas baik tentu akan kembali membuat tubuh Anda segar. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

Benarkah Rajin Konsumsi Cokelat Baik untuk Ibu Hamil?

Kenapa Ibu Hamil Mudah Lelah? Ini Jawabannya!

Plasenta Previa, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

OTHER ARTICLES

Yang Anda Pikir Vs Menurut Orang Tua atau Mertua Anda

Ini Cara Dian Sastro Menyelesaikan 'PR' Tanpa Repot

Jakarta Fashion and Food Festival 2019

50+ Ide Nama Bayi Perempuan yang Bermakna Berani

Ini Penyebab Hidung dan Bibir Bengkak saat Hamil