Mother&Baby Indonesia
Kenapa Ibu Hamil Mudah Lelah? Ini Jawabannya!

Kenapa Ibu Hamil Mudah Lelah? Ini Jawabannya!

Saat hamil, banyak bumil yang merasa tubuhnya jadi lebih mudah lelah sehingga lebih mudah mengantuk. Normalkah perubahan ini? Berita baiknya, rasa lebih mudah lelah saat hamil normal terjadi kok, Moms.

Tingkat lelah yang dirasakan tentu berbeda-beda pada setiap wanita yang hamil. Ada wanita hamil yang merasa lelah di sepanjang kehamilan, ada yang merasa mudah lelah di beberapa trimester saja, namun ada juga yang hanya sedikit merasa lebih mudah lelah.

Menurut American Pregnancy Association, hampir semua wanita hamil merasa lebih mudah lelah, dan ini normal terjadi, Moms. Tapi apa yang menyebabkan bumil jadi lebih mudah lelah? Ini penjelasannya, Moms.




Penyebab Lelah di Trimester 1

Di awal kehamilan, perubahan hormon menjadi penyebab ibu hamil mudah lelah. Tubuh Anda menghasilkan lebih banyak darah yang membawa nutrisi untuk janin di dalam perut. Di waktu yang sama, tekanan darah dan gula darah Anda juga menurun.

Lalu apa yang membuat Anda lebih mudah mengantuk? Ini disebabkan oleh berbagai hormon kehamilan, terutama meningkatnya kadar progesteron. Selain beberapa penyebab di atas, perubahan fisik dan perubahan emosi yang terjadi pada bumil turut menurunkan energi yang dihasilkan.

Baik kehamilan Anda terencana dengan baik ataupun tidak terencana, Anda mungkin mengalami semangat berlebih untuk menjadi ibu, kesehatan bayi, atau bahkan mengkhawatirkan masalah-masalah kehamilan. Maka sangat penting untuk memahami emosi yang bisa memengaruhi kesehatan fisik Anda.




Penyebab Lelah di Trimester 2

Di trimester dua, ada kemungkinan kadar energi Anda akan meningkat, sehingga bumil tidak mudah lelah dan mengantuk. Kenaikan energi ini harus Anda manfaatkan dengan baik, misalnya untuk berburu perlengkapan bayi atau mempersiapkan kamar bayi. Kenapa harus dimaksimalkan? Karena besar kemungkinan energi Anda akan menurun lagi di trimester tiga, sehingga Anda akan mengalami mudah lelah lagi.

Apakah trimester dua menjamin Anda tidak akan merasa lelah? Sayangnya tidak begitu, tetap saja bumil akan lebih mudah lelah dibanding saat ia sedang tidak hamil. 


Penyebab Lelah di Trimester 3

Di trimester akhir ini, Anda akan merasakan lagi sensasi mudah lelah. Penyebabnya banyak, salah satunya adalah karena Anda ‘menggendong’ janin yang beratnya terus bertambah. Janin yang semakin besar itu juga mungkin membuat Anda lebih bermasalah dengan waktu tidur, karena sering pipis tengah malam atau sulit menemukan posisi tidur yang enak.

Kalau sudah sulit tidur, Anda pasti jadi kurang tidur, sehingga Anda jadi mudah lelah saat beraktivitas di siang hari. (Tiffany Warrantyasri/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   hamil,   lelah,   fatigue,   kandungan