Mother&Baby Indonesia
10 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

10 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi untuk ibu hamil memang sangat penting. Para pakar kesehatan kerap menyarankan agar ibu hamil memiliki pola makan yang sehat selama menjalani masa kehamilan. Salah satu pola makan sehat yang bisa diterapkan bumil adalah dengan rajin mengonsumsi buah.

Berbicara tentang buah yang sangat baik di masa hamil, ada banyak buah yang berguna untuk dikonsumsi oleh bumil, salah satunya adalah kurma.

Kurma memang punya segudang manfaat untuk kesehatan orang yang mengonsumsinya. Namun, biasanya kita mengonsumsi kurma saat bulan puasa. Ternyata, kurma juga memiliki banyak khasiat untuk Anda, bumil. Apa saja? Ini dia berbagai kebaikan kurma yang bisa Anda rasakan saat hamil, Moms.




1. Sumber Energi

Ketika sedang hamil, Moms tentu membutuhkan lebih banyak energi daripada saat tidak hamil. Mengonsumsi beberapa buah kurma bisa memberi Anda asupan gula yang dibutuhkan tanpa menambah kalori.


2. Menghindari Sembelit

Kurma kaya akan serat yang akan membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat serta mencegah bumil mengalami konstipasi atau sembelit. Kurma juga membuat perut Anda kenyang, mengurangi level kolesterol dalam tubuh, serta menjaga berat badan tetap stabil dan ideal.


3. Mencegah Anemia

Kurma mengandung zat besi yang dibutuhkan bumil sehingga Anda akan terhindar dari risiko anemia. Zat besi dalam kurma juga bertugas untuk menjaga kadar hemoglobin dan memperkuat daya tahan tubuh bumil dan janin yang dikandungnya.


4. Kaya Vitamin K

Vitamin K yang ada dalam kurma berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang janin. Dan setelah persalinan, lanjutkan mengonsumsi kurma karena berguna untuk memenuhi vitamin K saat bayi Anda menyusu.


5. Menjaga Keseimbangan Air dan Garam

Kurma juga memiliki kandungan potasium, mineral yang penting buat memenuhi gizi bumil dengan cara menjaga keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. Kekurangan potasium bisa berisiko pada masalah yang berkaitan dengan ginjal lho, Moms.




6. Mengandung Folat

Kurma merupakan sumber folat yang baik. Seperti kita ketahui, folat berguna untuk membantu mencegah cacat tabung saraf (NTD), kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang. Folat juga membantu mencegah keguguran yang terjadi pada awal kehamilan. Konsumsi asam folat yang cukup juga dipercaya dapat mengurangi risiko preeklampsia.


7. Kaya Protein

Kurma memberikan asupan protein yang dibutuhkan oleh bumil. Protein pada buah ini membantu memproduksi asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh.


8. Mengandung Magnesium

Kurma mengandung banyak mineral, salah satunya adalah magnesium. Nah, magnesium diperlukan untuk pembentukan gigi dan tulang janin. Selain itu, magnesium juga mengatur level gula darah dan tekanan darah bumil.


9. Mempercepat Kontraksi

Menjelang persalinan, Moms juga dianjurkan untuk makan kurma karena bisa merangsang produksi hormon oksitosin dalam tubuh yang akan mempermudah proses persalinan. Kandungan serotonin, kalsium, dan tanin membantu kontraksi otot rahim sehingga proses persalinan bisa menjadi lebih cepat. Selain itu, kandungan asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh pada kurma juga memproduksi prostaglandin yang dibutuhkan untuk persalinan.


10. Membantu Pemulihan Usai Persalinan

Tidak hanya saat persalinan, kurma juga bermanfaat dalam membantu Anda mengatasi pemulihan usai persalinan. Ini karena kurma membantu memproduksi hormon oksitosin yang akan bermanfaat dalam proses penghentian darah serta pulihnya fungsi rahim.


Yang Perlu Diperhatikan

Kandungan gula pada kurma, jika dikonsumsi berlebihan, bisa berefek samping pada tingginya kadar gula darah, kelebihan berat badan saat hamil, dan risiko diabetes gestasional. Karena itu, konsumsilah kurma secukupnya, yaitu sebanyak 3-5 butir setiap hari untuk mendapatkan asupan nutrisi yang anda butuhkan. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   buah,   kurma,   nutrisi untuk ibu hamil,   makanan ibu hamil,   buah untuk ibu








Related Article