Mother&Baby Indonesia
Wajib Tahu! Inilah Perlengkapan Esensial Ibu Menyusui

Wajib Tahu! Inilah Perlengkapan Esensial Ibu Menyusui

Proses persalinan sudah dilalui. Tantangan selanjutnya adalah memberikan asupan gizi terbaik bagi bayi Anda dalam bentuk ASI alias air susu ibu.

Agar maksimal dalam memberikan ASI, Moms tentu memerlukan perlengkapan yang memadai. Sebenarnya apa saja sih, alat-alat yang dibutuhkan ibu selama periode menyusui Si Kecil? Yuk, simak daftarnya berikut ini.




1. Bra Menyusui

Untuk mempermudah menyusui Si Kecil, Moms perlu memiliki bra menyusui yang terbuat dari bahan katun nan nyaman dan tanpa penyangga. Bra ini dilengkapi semacam kaitan kecil di bagian depan. Anda hanya perlu melepas bagian depan bra dari kaitannya ketika akan menyusui, dan memasangnya kembali setelah selesai.


2. Breast Pad

Breast pad atau alas payudara diperlukan, terutama bagi para Moms yang stok ASI-nya berlimpah. Seringkali, ASI akan merembes keluar puting sehingga membasahi pakaian Anda. Guna mencegah hal itu terjadi, gunakan breast pad pada lapisan dalam bra Anda. Terdapat dua jenis breast pad, yaitu breast pad yang bisa dicuci dan digunakan berulang kali, serta jenis sekali pakai yang dijual dengan berbagai merek, seperti Pigeon Breast Pad Honeycomb. Merek breast pad yang satu ini cukup digemari para Moms karena kemampuan menyerap cairannya yang sangat baik, tapi permukaannya tetap kering.


3. Nipple Shield

Terbuat dari bahan silikon yang lembut, nipple shield berfungsi sebagai pelindung atau penyambung puting. Desain lubang puting yang menonjol dan perlekatan silikon ke kulit ibu memudahkan bayi untuk menyusu sehingga ia akan merasa sama seperti ketika menyusu skin to skin dengan Moms.

Fungsi nipple shield antara lain adalah untuk digunakan ketika puting ibu mengalami iritasi, luka, atau pecah-pecah. Benda yang satu ini juga bisa digunakan sebagai penyambung puting pada kasus bentuk putting yang kurang maju. Selain itu, nipple shield juga bisa bermanfaat sebagai alat terapi ketika bayi mengalami bingung puting. Banyak nipple shield yang beredar di pasaran. Salah satu merek yang kualitasnya tak perlu diragukan adalah Pigeon Nipple Shield yang tersedia dari bahan silikon dan rubber (karet).




4. Nipple Cream

Oh ya Moms, Pigeon juga memproduksi Nipple Care Cream, lho. Krim ini berguna untuk mencegah dan menyembuhkan puting payudara yang mengalami kekeringan serta pecah-pecah. Tak sedikit ibu baru yang mengalami luka pada puting karena perlekatan lidah bayi yang kurang sempurna. Kondisi puting yang sakit berpotensi untuk menghambat proses menyusui. Moms bisa mencegah kondisi ini terjadi dengan melakukan perawatan puting dan payudara.


5. Breast Pump

Breast pump atau pompa ASI juga termasuk perlengkapan esensial bagi ibu menyusui, terutama para ibu yang bekerja. Saat tidak menyusui langsung, Moms bisa menyetok ASIP (ASI perah) menggunakan breast pump. Bagi ibu bekerja, stok ASIP tersebut bisa diberikan saat Si Kecil ditinggal di rumah. Banyak pompa ASI yang beredar di pasaran. Carilah pompa ASI yang bisa membantu Moms memompa ASI tanpa ribet, tanpa rasa sakit, dan bisa diatur daya isapnya. Pilih juga pompa yang bisa memberikan pijatan lembut terhadap payudara sehingga Moms bisa lebih rileks dan mengeluarkan ASI lebih banyak.


6. Cooler Bag dan Ice Pack

Bagi Moms yang bekerja atau akan bepergian, kedua benda ini punya arti penting. Jika Anda memerah di kantor, Anda tentunya harus membawa pulang ASIP tersebut menggunakan cooler bag agar suhunya tetap terjaga. Saat ini, cooler bag hadir dengan beragam model dan motif, sehingga Anda bisa tetap gaya sambil menenteng cooler bag. Lengkapi juga cooler bag Anda dengan ice pack sehingga suhu di dalam tas akan tetap dingin selama beberapa jam ya, Moms.


7. Kantung ASI

Sebelum menaruhnya di dalam cooler bag, Anda tentunya harus menyimpan ASIP di botol kaca atau kantung ASI. Cari kantong ASI yang BPA Free, bahannya aman, memiliki double zipper atas agar tidak bocor serta seal samping yang tebal. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: breast pump,   breast pad,   cooler bag,   ice pack,   pigeon,   nipple cream,   nipple shield