Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 5 Juli 2019 / Redaksi

Buah-buahan Segar yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui

Setelah melahirkan, ibu harus sudah ‘menabung’ nutrisi yang cukup agar proses menyusui berjalan dengan lancar. Dan kebutuhan nutrisi selama memberikan ASI juga harus baik, sebab dapat memengaruhi nutrisi ASI yang diterima Si Kecil.

Salah satu yang bisa membantu meningkatkan kualitas ASI, baik dari jumlah nutrisi maupun banyaknya ASI yang diproduksi, adalah buah-buahan, Moms. Dari banyaknya jenis buah yang ada, beberapa di antaranya sangat baik untuk dikonsumsi selama menyusui. Apa saja, ya? Berikut sejumlah buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.




Blueberry

Nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, kalsium, dan kalium terdapat dalam buah blueberry. Maka, ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsinya dua porsi atau lebih. Buah ini bisa langsung dimakan atau juga dijadikan jus. Selain vitamin dan mineral tadi, blueberry juga mengandung karbohidrat untuk menjaga energi tetap prima. Sifat antioksidan di dalamnya pun membantu Anda terhindar dari infeksi karena penyakit tertentu.


Melon Jingga


Buah melon yang berwarna jingga atau disebut dengan istilah cantaloupe nyatanya sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan Anda. Kandungan airnya juga banyak, sehingga Moms terhindar dari dehidrasi.


Pepaya Hijau

Salah satu sumber galactagogue terbaik adalah pepaya hijau. Kandungan tersebut dipercaya mampu melancarkan produksi ASI. Selain itu, enzim yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi ASI. Tak ketinggalan beragam vitamin, seperti A, B, C, dan E untuk memenuhi nutrisi Anda.


Aprikot


Moms bisa mendapatkan vitamin C dan A, serta kalsium dan kalium dari buah aprikot. Nutrisi tersebut mampu membuat kesehatan Anda dan Si Kecil lebih optimal. Selain itu, terdapat juga kandungan fitoestrogen, yang berfungsi mengatur produksi hormon susu dan melancarkan ASI. Anda dapat mengonsumsinya 2 hingga 4 aprikot setiap hari, untuk memenuhi kecukupan nutrisi di dalamnya.




Pisang

Buah pisang diketahui mampu menggantikan kalori yang hilang, terutama saat menyusui Si Kecil. Di dalamnya juga sudah terkandung vitamin B6 yang membantu pembentukan sel darah merah bayi Anda. Sementara kandungan asam folat juga membantu perkembangan otak yang optimal, serta menjaga kesehatan sumsum tulang belakang.


Blewah

Ada sekitar 50 gram vitamin C dalam buah blewah, yang hampir memenuhi kebutuhan harian ibu menyusui. Kadar air buah ini juga sangat tinggi, sehingga cairan tubuh Moms tetap terjaga selama dan setelah menyusui Si Kecil.


Alpukat


Keluhan ibu menyusui biasanya sering merasa lapar, terutama jika Si Kecil kuat menyusu dan ibu yang makan tidak tepat waktu. Alpukat dengan kandungan asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu produksi ASI lebih banyak. Buah alpukat juga mampu menjaga kadar gula dan kolesterol, serta memenuhi kebutuhan vitamin B, C, E, K, folat, dan kalium dalam tubuh Moms.


Sawo

Buah sawo memiliki khasiat untuk memberikan tubuh Anda kekuatan dan energi yang dibutuhkan untuk merawat bayi Anda. Selain itu, buah ini juga mampu mencegah mual, muntah, hingga pingsan saat masa menyusui.


Mangga

Sebelumnya, Moms sudah tahu bahwa buah mangga memiliki banyak manfaat apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun tak hanya itu, mangga yang kaya akan antioksidan dan vitamin K juga sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Kandungan serat dan kaliumnya dapat membantu menambah gizi yang Moms perlukan. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

 

 


RELATED ARTICLE

7 Cara Memberikan ASI yang Terbaik untuk Buah Hati

10 Sayuran Terbaik untuk Ibu Menyusui

Tips Mudik Nyaman bagi Ibu Menyusui

OTHER ARTICLES

Yang Anda Pikir Vs Menurut Orang Tua atau Mertua Anda

Ini Cara Dian Sastro Menyelesaikan 'PR' Tanpa Repot

Jakarta Fashion and Food Festival 2019

50+ Ide Nama Bayi Perempuan yang Bermakna Berani

Ini Penyebab Hidung dan Bibir Bengkak saat Hamil