Mother&Baby Indonesia
Trik Memantau Anak saat Anda Sedang Bekerja

Trik Memantau Anak saat Anda Sedang Bekerja

Bagi ibu bekerja, merawat dan mengawasi tumbuh kembang anak merupakan tantangan tersendiri. Namun bukan berarti Moms tidak bisa melakukannya sambil tetap aktif bekerja, lho.

Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa pekerjaan bukanlah penghalang untuk tetap memerhatikan Si Kecil. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang akan semakin memudahkan Anda untuk mengawasi kondisi Si Kecil meskipun terpisah oleh jarak.

Manfaatkan teknologi ini untuk mengoptimalkan pengawasan Anda pada Si Kecil ya, Moms. Ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan.




1. Kamera Pengawas

Perkembangan teknologi membuat jarak jadi tidak terlalu berarti. Anda dapat melengkapi rumah Anda dengan kamera pengawas yang didukung teknologi CCTV atau IP Camera. Sistem pemakaian kamera CCTV analog serta IP Camera biasanya menyediakan akses jarak jauh yang mudah diakses melalui tablet-PC serta smartphone.

Biasanya, IP Camera memiliki manfaat komplet dibandingkan sistem kamera CCTV analog. Sebab, sebagian besar sistem CCTV analog hanya bisa dibuka lewat browser Internet Explorer berbasis Windows.

Sementara sistem IP Camera dapat dibuka melalui beragam tipe browser, seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome. Dengan begitu, Anda bisa memantau Si Kecil di rumah dari kantor atau dari mana saja, termasuk memantau pengasuh Si Kecil dalam menjalankan tugasnya.


2. Komunikasi Berkala dengan Pengasuh

Lakukanlah komunikasi secara berkala dengan pengasuh di rumah. Selain memastikan telepon rumah siap dihubungi, tegaskan kepada pengasuh di rumah untuk memastikan ponselnya dalam keadaan siap dihubungi (baterai penuh dan dering dinyalakan).

Anda bisa berkomunikasi melalui telepon atau saling berkirim pesan melalui aplikasi chat. Kolaborasi antara Moms dan pengasuh sangat penting demi Si Kecil. Anda bisa meminta pengasuh anak Anda untuk terus mengirimi kabar terbaru atau menginformasikan kebutuhan Si Kecil.



Berbagi informasilah dengan pengasuh Si Kecil. Seimbangkan antara intruksi dengan diskusi dua arah agar Anda bisa mendapatkan masukan. Jalinlah hubungan saling menghormati dan menghargai dengan pengasuh Si Kecil ya, Moms.


3. Video Call

Di sela-sela waktu bekerja Anda, sempatkanlah untuk melakukan video call dengan buah hati di rumah. Moms bisa menggunakan waktu istirahat kantor atau ketika dalam perjalanan menemui klien.

Video call sangat efektif untuk mengetahui kondisi terkini anak di rumah secara langsung. Poin plus lainnya, Moms bisa mengobati rasa rindu dengan buah hati tercinta.


4. Aturan dan Evaluasi

Bagi ibu bekerja, pengasuh maupun support system lainnya merupakan perpanjangan tangan dalam menjaga Si Kecil. Buatlah aturan dasar sebelum meninggalkan anak pada pengasuh atau siapa pun yang Anda percayakan untuk menjaga Si Kecil.

Sampaikan dan tunjukkan bagaimana Anda bersikap terhadap Si Kecil sebagai contoh. Buatlah jadwal kegiatan bagi pengasuh dan Si Kecil, termasuk mengatur menu harian Si Kecil. Setelah pulang dari bekerja, Moms bisa melakukan evaluasi terkait kondisi anak pada hari itu. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   ibu bekerja,   balita,   bayi,   memantau anak








Cover September 2019

Related Article