Home - Keluarga - Mums Know Best / 21 Juli 2019 / Redaksi

Pentingnya Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak

Moms, kebiasaan mendongeng atau bercerita kepada Si Kecil ternyata punya segudang manfaat lho! Kegiatan mendongeng sebelum Si Kecil tidur tidak hanya membantu untuk membuat Si Kecil mengantuk, tetapi juga berfungsi untuk menstimulasi perkembangan buah hati Anda, mulai dari menstimulasi kemampuan bahasa, perkembangan imajinasi, berpikir logis dan kritis, meningkatkan daya ingat dan pemahaman, serta memberinya lebih banyak semangat untuk belajar hal-hal baru.

Menurut psikolog klinis, dra. Ratih Ibrahim, M.M., mendongeng adalah sebuah proses stimulasi yang menyenangkan bagi Si Kecil. “Membacakan dongeng juga dapat membantu mempererat hubungan orang tua dengan anak sambil menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter anak unggul Indonesia ke depannya,” ujar Psikolog, Ratih Ibrahim.




Pengembangan Karakter Anak Unggul Indonesia

Lebih jauh lagi, dongeng juga bermanfaat unuk pengembangan karakter anak unggul di Indonesia, seperti dijelaskan oleh psikolog Ratih Ibrahim berikut ini:

1. Kepemimpinan. Jika Si Kecil terbiasa mendengarkan dongeng, ia dapat belajar tentang karakter-karakter kepemimpinan untuk masa depan melalui cerita yang ia dengarkan. 

2. Kepedulian. Melalui kisah dalam dongeng yang mengandung banyak amanat dalam cerita, Si Kecil dapat mempelajari dan mengembangkan moral yang baik sesuai usianya.

3. Kreatif. Dengan mendengarkan dongeng, imajinasi akan bekerja membayangkan kisah, latar, dan tokoh dalam cerita. Kegiatan berimajinasi tentu akan meningkatkan kemampuannya untuk berpikir kreatif. Si Kecil akan belajar menciptakan tokoh, alternatif cerita, dan kemungkinan solusi yang lain.

4. Kecerdasan. Melalui dongeng-dongeng yang baik, Si Kecil juga mendapatkan masukan untuk berpikir kritis dan logis dari pemecahan masalah yang ia temukan dalam alur cerita.



5. Keberanian. Dongeng juga membantu Si Kecil untuk tampil lebih berani, karena stimulasi pemecahan masalah membuatnya tak takut dengan tantangan baru yang nantinya ia hadapi.


Dongeng Aku dan Kau

Banyaknya kebaikan dari kegiatan mendongeng ini juga menginspirasi DANCOW Advanced Excelnutri untuk meluncurkan "Dongeng Aku Dan Kau" sebagai bentuk kontribusinya dalam melestarikan kekayaan budaya dan nilai-nilai asli masyarakat Indonesia. Inisiatif ini juga didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), dan merupakan wujud komitmen DANCOW Advanced Excelnutri+ untuk menyiapkan buah hati menjadi anak unggul Indonesia yang bertepatan dengan momen Hari Anak Nasional.

Tak hanya itu , DANCOW Advanced Excelnutri+ juga berkolaborasi dengan DAMN! I Love Indonesia, sebuah brand lokal yang berupaya menginspirasi generasi muda Indonesia agar semakin mencintai nilai dan sejarah Indonesia, dengan meluncurkan kaos bertema karakter dari dongeng Timun Mas. (Binar Murgati Pardini/SW/Dok. Freepik, M&B)

 

 


RELATED ARTICLE

Efek Pola Asuh Moms terhadap Jagoan Ciliknya

Tips Ampuh untuk Ibu-Ibu Modern Zaman Now

Bayi Mulai Berjalan, Ini Tips Amankan Kamar Mandi Anda

OTHER ARTICLES

Mother&Baby Fair 2019 Hadir di Makassar Weekend Ini!

Mitos Seputar Kulit Bayi yang Anda Perlu Tahu

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam? Ini Jawabannya, Moms

50+ Ide Nama Bayi Laki-Laki yang Bermakna Berani

Muslim Life Fest 2019