Mother&Baby Indonesia
Bayi Mulai Berjalan, Ini Tips Amankan Kamar Mandi Anda

Bayi Mulai Berjalan, Ini Tips Amankan Kamar Mandi Anda

Begitu bisa berjalan, menjelajah seluruh penjuru rumah pasti akan jadi kegiatan favorit bayi Anda, Moms. Karena itu, Moms perlu menjaga agar semua ruangan di rumah aman bagi Si Kecil.

Nah, dari semua ruangan yang ada, kamar mandi mungkin menjadi tempat yang paling menarik untuknya. Gemericik air, pernak-pernik lucu, semua yang ada di kamar mandi bisa menjadi daya tarik tersendiri buat Si Kecil.

Jadi, alangkah baiknya apabila kamar mandi di rumah Anda pun diperhatikan keamanannya agar Si Kecil terhindar dari kecelakaan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan kamar mandi Anda, Moms.




1. Lantai Kamar Mandi Tidak Licin

Menurut penelitian, penyebab utama kecelakaan bayi dan balita di kamar mandi adalah lantai yang licin. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah keramik yang tidak licin atau kesat. Jika lantai kamar mandi Anda memang sudah licin, lapisi dengan karpet karet, sehingga Si Kecil tidak terpeleset saat di kamar mandi.

Selain lantai, pemilihan keset juga perlu diperhatikan. Hindari keset yang membuat Si Kecil justru mudah terpeleset saat menginjaknya.


2. Kunci Cadangan

Letakkan kunci cadangan di tempat yang mudah terjangkau, sehingga jika sewaktu-waktu Si Kecil terkunci di dalam kamar mandi, Anda tidak panik dan bingung mencari kunci cadangan.


3. Sudut-Sudut Kamar Mandi Tidak Lancip

Perhatikan tata letak bathup/bak mandi, kloset, shower, dan sebagainya sedemikian rupa agar kamar mandi tidak menjadi tempat yang rawan bagi Si Kecil. Hindari penggunaan sudut-sudut lancip pada bathup/bak mandi yang bisa membahayakan mereka.




4. Lemari Khusus

Letakkan peralatan mandi seperti sabun, pasta gigi, sampo, dan lain-lain di dalam satu lemari khusus yang bisa dikunci rapat agar Si Kecil tidak bisa membuka dan memainkan alat-alat tersebut.


5. Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik seperti hair-dryer harus benar-benar diletakkan di tempat yang aman dan jangan biarkan peralatan tersebut tersambung ke aliran listrik jika tidak sedang dipakai. Selain itu, tempatkanlah steker di area yang sulit dijangkau atau di area tersembunyi supaya tidak membahayakan Si Kecil saat ia masuk ke kamar mandi.


6. Kunci Kamar Mandi

Pasanglah pegangan pintu lebih tinggi dan sebaiknya Anda mengunci kamar mandi saat tidak dipakai untuk menghindari Si Kecil masuk ke dalamnya tanpa sepengetahuan Anda dan melakukan hal-hal yang bisa berisiko serta membahayakan dirinya.


7. Atur Suhu Pemanas

Jika Moms menggunakan pemanas air, aturlah suhu pemanas maksimal 49 derajat Celsius, lebih rendah lebih baik, untuk menghindari risiko terbakar pada Si Kecil apabila ia tidak sengaja menyalakannya.


8. Bersihkan Kamar Mandi

Bersihkan kamar mandi Anda secara rutin, Moms. Selain agar lantai kamar mandi tidak licin, hal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan Si Kecil agar ia terhindar dari berbagai kemungkinan kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, seperti penyakit kulit sampai demam berdarah. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   anak,   bayi,   kamar mandi,   kamar mandi aman,   bayi belajar jalan








Related Article